Edisi 09-11-2018
500 Warga Bersihkan Pantai Kuripan


BATANG –Ratusan warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang merupakan penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Ke men terian Sosial menggelar aksi bersih-ber sih di Pantai Kuri pan, Kecamat an Subah.

Para keluarga pene rima manfaat tersebut bahu membahu meng ambil sampah ataupun me rapikan pohonpohon di sekitar pantai. Selain ibu-ibu, kegiatan yang digelar baru-baru ini juga diikuti para ang gota keluarga seperti anakanak. Bersih-bersih pantai ini, me nurut Koordinator Pendam ping PKH Kabupaten Ba - tang Parmono Edy Suwardi, merupa kan bagian dari Ge - rak an Indo nesia Bersih (GIB) yang digelo ra kan Kemen teri - an Sosial. Sa saran bersih-ber - sih disesuaikan dengan kon - disi lingkungan para pene ri - ma PKH.

“Program ini diha - rapkan bisa ber kon tri busi po - sitif terhadap keber sih an ling - kungan dan kesehatan ma sya - rakat,” ujar Parmono da lam keterangan tertulisnya. Dia menjelaskan, secara umum sebenarnya Gerakan Indo nesia Bersih yang diama - nat kan dalam Inpres No 12/ 2016 telah dijalankan di sek tor pemerintah. Namun, agar ge - rak an ini bisa terus di sebar kan se cara luas, maka sejak tahun 2018 dijadikan sebagai sebuah ba gian penting dari kehidupan ke luarga penerima PKH. Khusus di Ke camatan Subah, peresmian GIB di Pantai Kuripan diikuti 500 keluarga PKH beserta Tim PKK Desa Kuripan.

“Selanjutnya akan terus dilakukan di sekitar ling - kungan tempat tinggal KPM PKH Kecamatan Subah yang berjumlah 1.790 keluarga,” kata Visca Anindya Varagina, pendamping PKH Teladan Subah. Fatonah, salah satu KPM Desa Durenombo, mengaku se nang dengan adanya kegiatan itu. “Selama ini saya men da - pat kan bantuan PKH dari peme rin tah, sekarang saya ha rus ber se mangat ikut ke giat an Gerakan Indonesia Ber sih bersama war ga lainnya di Pantai Kuripan ini,” ucap dia.

Dia berharap kegiatan posi tif ini terus berlanjut di masa mendatang. Sebab Pantai Kuri pan yang sudah menjadi desti nasi unggulan patut dijaga ke ber sihannya agar selalu mena rik para wisatawan.

Antoni