Edisi 09-11-2018
Kenko Sinar Indonesia Targetkan Penjualan Naik 15%


JAKARTA - PT Kenko Sinar Indonesia (Kenko), produsen stationery atau peralatan tulis kantor dan perlengkapan sekolah, menargetkan penjualan setiap tahun naik 15%.

Area pemasaran DKI Jakarta dan sekitarnya menjadi penyumbang terbesar sekitar 20% dari total penjualan. “Penjualan terbesar masih di daerah DKI Jakarta dengan kom posisi 20%,” ujar Presiden Direktur PT Kenko Sinar Indonesia Suwandi B, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, produk Kenko dipasarkan hampir di seluruh daerah melalui kerja sama dengan agen-agen setempat. Kenko menjalankan strategi marketing mix, yaitu menghadirkan produk yang berkualitas dengan harga yang tepat, didistribu sikan pada lokasi dan waktu yang tepat pula.

“Juga didukung oleh aktivitas branding seperti iklan billboard dan video ada di bioskopbioskop,” katanya. Menyikapi tahun 2018 yang merupakan tahun politik dan melemahnya nilai tukar rupiah, ia mengakui bahwa penurunan nilai tukar rupiah berdampak langsung atas biaya yang harus ditanggung perusahaan.

Namun, hal itu diatasi dengan melakukan renegosiasi ke pada para supplier bahan baku maupun barang jadi. “Harapan kami di tahun 2019 situasi dan kondisi dijaga tetap kondusif dan nilai tukar kembali stabil,” kata Suwandi.

Saat ini Kenko mempunyai pabrik di Jakarta yang memproduksi cairan koreksi, produkproduk percetakan seperti binder note, looseleaf, buku nota, buku tamu, dan sebagainya. Rabu (7/11) lalu, perusahaan ini meraih penghargaan bergengsi 10 Top Brand.

Penghargaan itu diraih Kenko untuk kategori tipex,paper cutter (pemotong kertas), paper glue (lem kertas), Perforator (pembolong kertas), paper clip, pencil shar pener (rautan pensil), stapler (hekter), date stamp (stempel tanggal), file binder, dantape (Lakban).

“Kenko mempunyai tagline ‘Terkenal dan Terpercaya’. Terkenal adalah reward dari masyarakat Indonesia, khususnya pengguna produk Kenko yang setia, dan Terpercaya adalah tugas dan kewajiban kami menjaga kepercayaan yang diberikan dengan menyediakan produk-produk Kenko yang berkualitas dengan harga yang terjangkau,” katanya.

sudarsono