Edisi 09-11-2018
Permintaan Maaf Sterling


MANCHESTER– Manchester City (Man City) menjaga asa melangkah ke fase knock- out Liga Champions 2018.

Mengalahkan Shakhtar Donetsk enam gol tanpa balas di Manchester of Stadium, Kamis (8/11), membuat peluang Man City menjadi membesar. The Citizenskini kokoh di puncak klasemen Grup F dengan tiga kemenangan dari empat laga yang sudah berlangsung.

Secara teori, pasukan Pep Guardiola bisa lolos dari fase grup karena mereka unggul tiga poin dari Lyon, sembilan angka dibandingkan Hoffenheim, dan berjarak tujuh poin di atas Shakhtar.

Paling buruk, jika tidak lolos melangkah ke babak 16 besar, The Citizensmasih bisa bermain di Eropa meski di babak 32 besar Liga Europa. “Saya sangat senang. Kami kembali memperlihatkan penampilan luar biasa saat menyerang dan bertahan,” kata Guardiola, dikutip situs resmi Man City.

Masalahnya, dua dari enam gol Man City berasal dari titik putih. Salah satunya karena aksi divingdari Raheem Sterling. Wasit Viktor Kassai memberikan hukuman penalti kepada tim tamu setelah Sterling menjatuhkan diri di kotak penalti.

Mantan pemain Liverpool itu mengakui jika tak ada kontak dengan pemain lawan. Awalnya, lanjut Sterling, dia ingin menjungkit bola, tapi dia tak tahu apa yang terjadi setelah itu, karena dia sudah terjatuh di lapangan.

“Saya tidak merasakan ada sentuhan, itu hanya ulah nakal. Saya jatuh ke lapangan. Maaf untuk wasit dan Shakhtar,” kata Sterling. Aksi Sterling ini mendapat kritik dari Guardiola. Dia tidak suka timnya mencetak gol dengan cara seperti itu.” Bisa saja melakukan itu.

Tapi, kami benar-benar tidak suka mencetak gol dengan memanfaatkan situasi tersebut,” tutur Guardiola. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu kembali mengingatkan pentingnya wasit diberi bantuan agar bisa memimpin dengan baik.

Menurut dia, semua wasit tentu ingin memimpin dengan baik. Tapi, pertandingan berjalan dengan cepat dan pemain sekarang lebih cerdik. Jadi, dibutuhkan waktu untuk mengambil keputusan, apakah itu penalti atau tidak.

“Setidaknya dibutuhkan waktu tiga atau empat detik untuk ambil keputusan,” ucapnya. Man City mengalahkan Shakhtar melalui gol David Silva pada menit ke-19, tiga gol Gabriel Jesus masing-masing pada menit ke-24, ke-72, dan ke-90. Gol lain diciptakan Sterling dan Riyad Mahrez.

ma’ruf