Edisi 18-11-2018
Dukungan Harbolnas untuk Produk Lokal


HARI belanja online nasional (Harbolnas) kembali lagi pada 11-12 Desember mendatang dengan mengusung tema “Belanja Untuk Bangsa” yang menggandeng pelaku UMKM di Indonesia.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari pemerintah meliputi tiga kementerian di antaranya Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta Asosiasi ecommerce Indonesia (idEA) Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan menyatakan bahwa untuk pertama kalinya sejak 2012 , Harbolnas mendapat dukungan positif dari tiga kementrian dan juga idEA.

“Harbolnas pada tahun ini dengan mengangkat tema ‘belanja untuk bangsa’, diharapkan dapat meningkatkan dan memajukan nilai produk lokal dalam negeri. Kami para pelaku e-commerce merangkul para produsen produk lokal untuk turut serta merasakan kemeriahan Harbolnas tahun ini,” sebutnya.

Kegiatan pelaksanaan Harbolnas ini mendapat res - pons positif oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita. “Mari kita semangat bergotongroyong dalam meningkatkan nilai produk dalam negeri di era perdagangan digital ini.

Belanjalah melalui online, belanjalah produk dalam negeri produk karya anak bangsa, bangga kita gunakan produk dalam negeri,” ujarnya. Menurut survei yang dilakukan oleh Katadata.com, Heri Susanto selaku Co- Founder Katadata.com, menyebutkan bahwa 74% konsumen rutin berbelanja online setiap hari, serta produk lokal mampu bersaing dengan produk impor karena secara harga dan kualitas dianggap sepadan dan bisa bersaing karena diminati konsumen.

Saat ini Harbolnas telah menggandeng lebih dari 300 ecommerce di Indonesia untuk memeriahkan dan bekerja sama dalam memacu penjualan produk lokal Indonesia. Demi tercapainya kegiatan ini, target nilai transaksi tembus 2 kali lipat dari tahun lalu hingga mencapai Rp7 triliun.

Ketua, idEA Ignatius Untung mengharapkan Harbolnas 2018 memberikan nilai tambah kepada industri digital pada tahun ini. “Mari kita bersama-sama merangkul produsen lokal untuk masuk dan merasakan manfaat pasar digital ini.

Semoga bisa mengedukasi bahwa belanja online bukan menang murah saja, tetapi para konsumen juga bisa merasakan kepraktisan,kenyamanan serta kualitasnya,” sebutnya.

mg8