Edisi 18-11-2018
Jagalah Kesehatan Mulut dan Gusi


PERSENTASE penduduk Indonesia yang memiliki masalah gigi dan mulut pada tahun 2013 meningkat dibandingkan tahun 2007.

Pada 2013 sebanyak 26% penduduk Indonesia masih memiliki masalah gigi dan mulut, dan hanya 31% yang melakukan perawatan mulut dan gigi. Salah satu masalah gigi dan mulut yang sangat sering dialami oleh penduduk Indonesia adalah penyakit gusi (gum disease), di mana 9 dari 10 orang dewasa di dunia mengalami penyakit gusi.

Adapun drg Sri Angky Soekanto PhD PBO selaku dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengatakan, “Penyakit gusi atau karies atau keduanya dapat terjadi karena adanya timbunan plak yang terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan menempel di permukaan gigi.

Untuk mengetahui bahwa seseorang me ngalami penyakit gusi dapat dilihat dari beberapa tanda dan gejala umum, seperti gusi berwarna kemerahan, nyeri, bengkak, rentan mengalami pendarahan, dan bau napas yang tidak sedap.”

Dan jika dibiarkan atau tidak dilakukan perawatan, menurut dia, maka bakteri penyebab penyakit gusi akan menyebar ke jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan mulut dan mencegah terjadinya penyakit gusi adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari secara rutin.

Namun, sikat gigi hanya mampu menjangkau 25% bagian mulut sehingga kuman yang ada di dalam mulut tetap tidak tersentuh semuanya. Selain menyikat gigi, berkumur dan flossing juga penting menjadi rangkaian dari perawatan mulut secara menyeluruh.

“Berkumur sendiri dapat melindung area mulut selama 12 jam, maka untuk men dapatkan hasil yang maksimal dan mulut yang bersih, sebaiknya berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi,” tambah drg Sri Angky Soekanto sebagai salah satu pembicara di acara kegiatan edukasi media mengenai menjaga kesehatan mulut.

Melihat kondisi tersebut, PT Johnson & Johnson Indonesia, melalui produknya LISTERINE Gum Care mengajak masyarakat menjaga kesehatan mulut. Head of Professional Marketing PT Johnson & Johnson Indonesia Sri Hastuti Kumaladewi mengatakan, “Dengan melakukan perawatan mulut harian Anda sebanyak 20 ml selama 30 detik, dua kali sehari dapat membantu peningkatan kesehatan mulut, terutama gusi Anda.”

“Kami berharap melalui program edukasi kesehatan mulut yang kami lakukan secara berkelanjutan, masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya untuk menjaga kesehatan mulut, terutama gusi,” imbuhnya.

mg3