Edisi 02-12-2018
Masakan Khas Indonesia-Jerman


SEKITAR sepuluh meja bundar sudah tertata rapi dengan lampu-lampu bulat yang cantik meng hiasi nuansa makan malam di Gedung Goethe-Institut Jakarta, 22 November lalu.

Malam itu merupakan acara makan malam bertema Magic Hour Dinner , salah satu rangkaian acara dari Wanderlust kuche . Tak ada hal yang lebih ampuh daripada hidangan lezat yang dapat menghu-bungkan banyak orang dengan berbagai latar belakang dan budaya, karena seni bersantap merupakan bahasa universal yang dapat dipahami oleh siapa pun.

Hal tersebut tertulis di buku program Magic Hour Dinner . The Magic Hour Dinner mengangkat koki dari Indonesia dan Jerman dalam memadukan cita rasa dari kedua negara ini. Mereka adalah Petty Elliott dan Helge Hagemann.

Petty kelahiran Manado, Sulawesi Utara adalah seorang penulis makanan Indonesia, guru kuliner, dan koki autodidak. Adapun Helge adalah anggota Wertekche, sekelompok koki Jerman yang berbasis di Hamburg dengan inisiatif yang mengedepankan kecintaannya dalam memasak.

Sambil menunggu hidangan dimulai, para tamu disugu-hi tujuh camilan yang berbeda dan disajikan di atas talenan kayu. Tujuh menu itu ialah kerupuk, sambal matah ke-combrang, dan sambal terong sumba untuk cita rasa lokal.

Untuk cita rasa Jerman ter-dapat pretzel , roti khas Jer-man, acar, butter, dan olahan hati ayam yang dihaluskan. Selanjutnya, pelayan menyajikan makanan pembuka, yaitu 3 times fish . Sesuai dengan namanya, terdapat tiga potong ikan barramundi, masing-masing dimasak dengan cara berbeda.

Menu selanjutnya disajikan saus tartar rendang daging sapi, dengan daging segar cincang yang diimbangi dengan pomelo, nanas, bunga yang tentu dapat dikonsumsi, dan rempeyek. Lalu diberikan saus rendang sebagai pelengkap.

Masuk ke menu utama, ayam sudah dikukus lama dengan rempah Indonesia, dan diberikan kenari, krim bawang, potongan buah anggur, roti dumpling sebagai pelengkap.

Meskipun perpaduan yang asing, saat semua menjadi satu rasa manis dengan asin lebur menjadi satu, menciptakan rasa yang unik dan lezat. Tidak lupa roti dumpling dengan sedikit jamur, mewakili roti Jerman yang terkenal di dunia.

mg11