Edisi 06-12-2018
Kementan Komitmen Berantas Korupsi


JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih penghargaan sebagai salah satu Kementerian, Lembaga, danOrganisasiPemerin tah Daerah (KLOP) terbaik kategori Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik.

Pengharga an tersebut diberikan Komisi Pemberantas - an Korupsi (KPK) sebagai rang - kaian dari Hari Antikorupsi Se - dunia (Hakordia) 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, kemarin. Komitmen Kementan da - lam menyelenggarakan peme - rin tahan yang bersih dan akun - tabel terus didorong di bawah kepemimpinan Menteri Per - tanian Andi Amran Sulaiman dengan sejumlah program te - robosan. Penghargaan dengan kategori sama telah diterima Kementan pada 2017. Inspektur Jenderal Kemen - tan Justan Riduan Siahaan me - ngatakan, pemerintahan yang bersih merupakan amanat Nawa Cita, yakni mewujudkan pemerintahan bersih, efektif, dan demokratis, yang harus dijalankan dengan sepenuh hati.

“Prinsipnya adalah pen e - gakan integritas. Hal itu benarbenar dilakukan Menteri Per - tanian dan kemudian diterap - kan ke masing-masing indi - vidu. Selain itu, kita juga mem - bangun sistem pengendalian intern di setiap unit,” kata Justan yang mewakili Menteri Pertanian saat menerima penghargaan tersebut. Justan juga melihat ko mit - men Kementan, terutama un - tuk visi memastikan lumbung pa ngan dunia dan semua pro - gram diarahkan untuk men - dukung visi tersebut, maka pe - nyimpangan tidak bisa ditoleransi. Standar kerja yang dibuat tinggi oleh pimpinan, menu rut - nya, juga membantu fokus pada capaian sehingga tidak sempat melakukan penyimpangan.

“Menteri Pertanian mene - gas kan tidak ada toleransi untuk penyimpangan. Kita tegas me ne rapkan aturan baik untuk penyelenggara negara maupun pengusaha yang ber - main-main dengan anggaran dan kinerja,” kata Justan. Menteri Amran sering me - negaskan, sebanyak 1.295 pe - ga wai sejak 2014 menjalani mu tasi dan demosi, bahkan di - pecat karena terbukti me - langgar hu kum. Amran juga tak segan mem-blacklist sejumlah per usa haan di bidang pertanian yang terindikasi bertindak merugi kan negara. Dalam mem - beran tas mafia, Amran juga me - nya ta kan ada sekitar 700 orang te ngah menjalani proses hu - kum dan ditetapkan tersangka kurang lebih 400-an orang. Justan mengatakan, pada prinsipnya Kementan mem - buka pintu bagi KPK mem - bantu pemberantasan korupsi di ling kungannya.

“Bahkan, Menteri Amran secara praktik sejak awal kepemimpinannya, menyedia kan ruangan khusus untuk ang gota KPK agar bisa menjalankan tugas mencegah gratifikasi,” ujarnya. Kementan menjadi satu dari tiga penerima penghargaan ter sebut sekalian dengan Kemen terian Keuangan dan Kemen terian Kesehatan. Se - buah apre siasi sangat kon - struk tif dalam menjaga sema - ngat, mengingat saat ini ada 34 kementerian yang juga ber - usaha mem berantas korupsi. Ketua KPK Agus Rahardjo dalam sambutan pada acara yang bertajuk “Menuju Indonesia Bebas Dari Korupsi” itu menyatakan, dalam hal indeks pemberantasan korupsi di Indo nesia sejak reformasi cu - kup membanggakan, termasuk yang peningkatannya tertinggi di dunia.

“Kita meminta ko mitmen, kerja sama, dan kontribusi seluruh elemen agar terus bergan-deng an tangan untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi sehing ga bisa dihilang kandari Indo nesia,” katanya.

Sudarsono






Berita Lainnya...