Edisi 06-12-2018
Pemimpin Dunia Hadiri Pemakaman Bush


WASHINGTON –Para pemimpin dunia dan para pejabat Amerika Serikat (AS) memberikan penghormatan terakhir pada upacara pemakaman mantan Presiden George HW Bush atau biasa disebut Bush Senior.

Jenazah Bush senior di semayamkan di Capitol dan pada Rabu (5/12) waktu setempat di pindahkan ke National Cathedral untuk upacara pe makam an. Upacara itu dimulai pukul 09.00 waktu setempat. Putranya, mantan Presiden George W Bush, akan me nyam pai - kan eulogi. Selain dia, mantan Perdana Menteri (PM) Kanada Brian Mulroney, pen siunan po li tikus Republik asal Wyo - ming Alan Simpson dan mantan jur nalis Jon Meacham juga akan menyampaikan eulogi. Nantinya, jenazah Bush Se - nior akan dimakamkan di Te - xas, di samping kuburan is tri - nya, Barbara.

Bush Senior yang pernah menjabat sebagai Pre si - den AS ke-41 pada 1989-1993 meninggal dunia pada Rabu (30/11) pada usia 94 tahun. Presiden AS Donald Trump, pendahulunya, Barack Obama dan istrinya Michelle; Bill Clin - ton dan istrinya, Hillary; dan Jimmy Carter dan Rosalynn, meng hadiri upacara pemakaman Bush Senior. Meskipun Clin - ton mengalahkan Bush Senior pada 1992, setelah tidak me me - gang jabatan, keduanya terlihat menjalin persahabatan yang erat. Pangeran Harry dari Inggris, Kan selir Jerman Angela Merkel, dan Raja Yordania Abdullah II, merupakan pemimpin dunia yang akan memberikan peng - hor matan.

Para mantan pemim pin, termasuk John Major, yang menjabat sebagai perdana menteri (OM) saat Bush Senior berkuasa, juga akan hadir. Para pemimpin Australia dan Po lan - dia juga dikabarkan menghadiri acara tersebut. “Upacara itu menunjukkan kualitas kenegarawanan dan ke ramahan mendiang Bush Senior,” kata Marlin Fitzwater, mantan sekretaris pers Gedung Pu tih saat Bush senior ber kua - sa. Mengenai kehadiran Trump, menurut Fitzwater, itu sangat penting bahwa Presiden AS memberikan penghormatan satu sama lain. Bersamaan dengan up a - cara pemakaman Bush Senior, ber te patan dengan hari Rabu akan dideklarasikan sebagai hari berkabung nasional.

Ba - nyak kan tor pemerintah dan bursa sa ham ditutup. Setelah upacara pe ma ka m an, je na zah Bush Se - nior akan di - ter bang - kan ke Te xas. Je na zahnya akan di se ma yam kan lagi di Te - xas hingga Ka mis pagi waktu setempat. Nan ti nya, jenazah akan dima kam kan di per pus - takaan ke pre si den an George HW Bush. Melansir Reuters, upacara pemakaman Bush Senior di Na - tional Cathedral akan mem persa tukan perpolitikan AS yang tengah terbelah. Politikus dari Partai Republik dan Partai Demokrat bersatu dan berkumpul bersama untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Bush Senior.

“Kamu akan me lihat banyak ke gem bi - raan,” kata Ron Kaufman, mantan direk tur po litik Ge dung Putih saatBush Se nior maju pa da pe mi lu 1992 dan ka lah.

Andika hendra






Berita Lainnya...