Edisi 06-12-2018
Skybridge Tunggu Pemindahan Gate Stasiun


JAKARTA –Pengoperasian jembatan penyeberangan multiguna atau skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat tinggal menunggu 13 tapping gate stasiun dipindahkan.

Setelah itu, 446 kios pe da - gang kaki lima (PKL) akan di - ujicobakan. Saat ini skybridge dengan Stasiun Tanah Abang telah terkoneksi. Nantinya tap ping gate milik PT Kereta Com muter Indonesia (KCI) ini dipindahkan ke penghubung stasiun dengan jembatan pe - nyeberangan multiguna. “Tembok pembatas antara jembatan dengan stasiun su - dah dibongkar dan diganti rolling door oleh PD Pem ba - ngunan Sarana Jaya. Namun, PT KCI belum mengarahkan penumpang ke penghubung karena tapping gate harus di - pindahkan dulu,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Ir - wandi kemarin.

Belasan tapping gate akan dipindahkan lantaran ter - dapat instalasi utilitas sistem dengan tiket pembayaran com - muter line. Dia berharap pe - mindahan gate tidak lebih dari satu minggu, mengingat PKL di kawasan trotoar dan badan Jalan Jatibaru Raya sudah se - makin semrawut. Untuk uji coba kios akan dilakukan satu atau dua hari menjelang diresmikannya skybridge agar ada penyempur naan dari kekurangan-kekurangan yang ada. “Paling tidak Rabu pekan depan sudah diope ra si - kan skybridge secara resmi,” ungkapnya. Direktur Utama PD Pem - bangunan Sarana Jaya Yoori C Pi nontoan menuturkan, se - cara teknis jembatan multi gu - na sudah dapat difungsikan. Namun, pihaknya akan mem - bantu percepatan pemin dah - an 13 tapping gate terlebih dulu sebelum skybridge difung si - kan.

“Tinggal mindahin tapping ga te saja. Semuanya sudah be - res. Kami berharap 7 De sem - ber sudah uji coba kios sambil memindahkan gate,” ucapnya. Terkait keamanan di jem - batan multiguna, Sarana Jaya memasang 26 kamera peng - awas atau closed circuit tele vi - sion (CCTV) dan 27 petugas yang terbagi dalam tiga regu. Masing-masing regu terdiri dari sembilan petugas ke - aman an. Untuk kebersihan, pi haknya juga menempatkan pe tugas kebersihan sama se - perti petugas keamanan yang terbagi dalam tiga regu ter ma - suk tempat pembuangan sam - pahnya. “Toilet juga sudah bisa difungsikan. Musala dan se - bagainya selesai dibangun,” ujar Yoori.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Suhaimi menilai sky - bridge merupakan solusi un - tuk mengatasi kesemrawutan di kawasan pusat grosir Tanah Abang, khususnya Jalan Ja ti - baru Raya. Misalnya untuk PKL yang ada saat ini akan dipindahkan ke skybridge, se - hingga penertiban akan men - jadi lebih mudah apabila masih ada PKL di bawah jembatan baik di trotoar maupun Jati - baru Raya. “Penumpang commuter line juga tidak lagi tumpah ke jalan lantaran diintegrasikan de - ngan Jak Lingko melalui sky - brid ge begitu juga sebaliknya,” katanya.

Sebelumnya, Ke tua Om - buds man Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho menga takan, seusai me nin jau skybridge pihaknya melihat sa ra na dan prasarana yang diminta PT KAI sebagai syarat ter hu bung nya jembatan de ngan sta siun telah dilak sa na kan Pem prov DKI melalui PD Pem ba ngunan Sa - ra na Jaya. Sebelumnya, pada 18 No vem ber lalu terjadi kesepa - kat an antara Pemprov DKI dan PT KAI terkait koneksi skybridge dengan stasiun yakni aset, gate, flow pe numpang, sarana dan prasarana, serta peng aman an. “Kami melihat semua unsur sudah dipenuhi. PT KAI juga bersedia membuka gate. Kami harapkan 7 Desember dibuka,” kata Teguh beberapa waktu lalu.

Menurut pe lak sana tugas (Plt) Asisten Per eko no mian Se kretariat Daerah DKI Ja - karta Sri Haryati, tujuan pem - bangunan skybridge guna me - nertibkan penumpang ke reta dan pedagang di kawasan ter - sebut. Artinya, bila tidak ter - hubung dengan stasiun, jem - batan penyeberangan mul ti - guna yang menampung 446 PKL itu tidak berfungsi. Beberapa permintaan PT KAI sebagai syarat untuk meng hubungkan skybridge dengan stasiun sudah dilakukan, yaitu penyediaan toilet, mu sa - la, hingga penggeseran dua kios agar tidak mengganggu pintu atau gate stasiun. Pemkot Jakarta Pusat ber sama Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Per dagangan (KUMKMP) DKI Ja karta telah mengundi kios bagi pedagang di kawasan Ja ti - baru selama tiga hari.

Peng un - dian dilakukan Kamis, 11 Ok - to ber hingga Sabtu, 13 Ok to - ber 2018. Sebanyak 650 pe da - gang yang diundi terdiri atas 372 pedagang yang berjualan di tenda, 165 pedagang di tro - toar, serta 113 pedagang di Ja - lan Jatibaru Bengkel, tepatnya trotoar depan pintu keluar Sta - siun Tanah Abang baru. Dari 650 pedagang yang di - undi, 446 akan ditempatkan di skybridge dan 204 ditem pat kan di Blok F. Skybridge me ru pa kan jembatan penghubung Sta siun Tanah Abang hingga Blok G se - kaligus menjadi jem bat an an - tar moda yang ter in te grasi lang sung dengan stasiun.

Nanti di dekat pintu keluar Stasiun Tanah Abang yang ter - letak di bawah flyover Jatibaru akan dipasang ramp untuk me - mu dahkan pejalan kaki dan pe - nyandang disabilitas saat me - lintasi skybridge. Jembatan pe - nye berangan multiguna ini di - bangun sepanjang 386,4 me ter dengan lebar 12,6 meter.
Bima setiyadi






Berita Lainnya...