Edisi 06-12-2018
Ubaya Gondol 2 Medali Emas


SURABAYA – Ubaya Choir, salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) Paduan Suara Universitas Surabaya (Ubaya), menorehkan prestasi membanggakan.

Mereka berhasil mempersembahkan dua medali emas saat mewakili Jawa Timur di ajang 4th Asia Can tate 2018 di Chai Wan, Hong Kong, 1-4 Desember. Tim yang terdiri atas 30 penyanyi ini me me - nangkan dua kategori lomba sekaligus, yaitu Mixed Choir (Open) dengan per oleh an nilai 86,61 dan Folklore 87,80. Pembina Ubaya Choir, Ba - gus Syafrieza Paradhika me nga - takan, saat kompetisi di Hong Kong, Ubaya Choir memba wakan lima lagu yang terdiri atas tiga lagu untuk ka tegori Mi xed Voices dan dua lagu ka te gori Fol - klore. Untuk Mixed Voi ces, me - reka me m ba wa kan lagu Es spricht der Tor in se inem Her zen, Song At Dusk, dan Gayatri. Sedangkan dalam kategori Fol klo - re adalah Kicir-Kicir dan Janger.

“Kami membawakan Kicir- Kicir sebagai representasi Ibu Kota, dan Bali sebagai re pre - sen tasi Indonesia di inter - nasional,” papar dia. Ketua UKM Paduan Suara Ubaya, Agnes Kalika Anindita mengaku sempat tegang se be - lum berangkat mewakili Jawa Timur guna mengikuti kom - pe tisi tingkat internasional di luar negeri ini. Namun, dia dan tim tetap berkomitmen mela - ku kan yang terbaik saat per - lombaan. “Walaupun tegang, kami sa - ngat excited mengikuti perlombaan ini. Kami berkomitmen untuk fokus dan mem be rikan yang terbaik sehingga bisa mengharumkan nama Uba ya dan Indonesia,” ungkap Agnes.

Dia menambahkan, selain latihan vokal untuk persiapan lomba, Ubaya Choir juga rutin melakukan latihan fisik se per - ti plank, sit up, dan gerakan lainnya yang berguna untuk pernapasan dan daya tahan tubuh. Ubaya Choir juga ber - kolaborasi dengan UKM Tari untuk melatih koreografi yang ditampilkan saat lomba. “Persiapan dilakukan secara rutin selama 2-3 jam setiap harinya, sejak Juni hingga No - vember 2018, bersama Bagus Syafrieza Paradhika selaku pelatih sekaligus konduktor Ubaya Choir,” imbuhnya. Pencapaian dua emas ini, menurut salah satu pembina Ubaya Choir, Mudianita Am ba - suli, merupakan penilaian yang tinggi di kompetisi pa duan suara.

“Kami mengucap syukur atas semua ini,” ung kap nya saat di temui di Ubaya Student Cen - ter Kampus Uba ya Surabaya, Jawa Timur, ke marin. Selain mendapat du ku - ngan dari pihak kampus, Uba - ya Choir juga didukung Gu ber - nur Jawa Timur Soekarwo ka - rena merupakan satu-satunya tim yang mewakili Jawa Timur dalam Asia Cantate 2018.

Ali masduki





Berita Lainnya...