Edisi 06-12-2018
XL Axiata Gandeng Netflix Perluas Layanan Fiber Broadband


JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (EXCL) menggandeng pe nye dia layanan hiburan Netflix memperluas jangkauan internet berkecepatan tinggi me lalui fiber broadband di lima kota besar di Indonesia.

Direktur Corporate Str a te gy & Business Development XL Axiata Abhijit Navalekar me ngatakan, perseroan saat ini fokus mengembangkan bis nis layanan data di Indonesia. Selain terus mendorong pe ngem bangan layan an mobile data, perseroan juga men do rong pengembangan layan an fixed broadband/fiber broad band melalui XL Home. “Untuk menjawab minat pa - sar yang terus berkembang pa da layanan internet rumah, XL Axiata memperkaya man faat la - yan an dengan meng gan deng Net flix,” kata Abhijit da lam jum - pa persnya di Ja kar ta kemarin. Menurut dia, saat ini se ma - kin luas pula masyarakat yang bisa mendapatkan layanan XL Ho me dengan bertambahnya jang kauan ke lima kota baru, selain area Bodetabek.

Kotakota baru tersebut adalah Ja - kar ta, Denpasar, Banjar ma sin, Balikpapan, dan Makassar. Dengan dua langkah stra - tegis ini, XL Axiata berharap se - makin banyak manfaat yang bi - sa dinikmati oleh pelanggan dari XL Home. Di sisi lain, se ma - kin luas masyarakat In do nesia termasuk pelanggan XL Axiata yang akan bisa me man faatkan layanan internet supercepat dan stabil untuk di rumah. “Banyak manfaat yang bisa ka mi tawarkan kepada ma sya - ra kat Indonesia melalui la yan an XL Home ini. Karena de ngan akses internet yang cepat dan stabil, akan me ning kat kan pro - duktivitas seperti down load, up - load, ataupun strea ming vi deo tanpa ham bat an,” tam bahnya.

Melalui kerja sama dengan Netflix, para pelanggan bisa me - nikmati berbagai pilihan ton ton - an, baik film, serial TV, do ku men - ter, maupun ta yang an keluarga dan anak-anak yang berkualitas dari berbagai pen juru dunia di Net flix lang sung di TV melalui XL Home Enter tain ment Box dan di - du kung oleh internet supercepat dan stabil un tuk mengakses kon - ten se ca ra nyaman. “Untuk tahun depan kami me nargetkan bisa mencapai penjualan sebanyak 500.000 XL Home di seluruh Indonesia, pemasarannya telah dimulai se - jak Mei 2018,” akunya. Abhijit menjelaskan, per - luas an wilayah jangkauan me - mang sudah menjadi rencana pengembangan XL Home. Bah - kan perluasan ini juga ti dak akan berhenti di lima kota saja.

Rencana pengembangan tahap selanjutnya sudah di te tap kan. Pengembangan wila yah jang - kauan ini merupakan res pons atas terus mening kat nya minat ma syarakat untuk bisa men - dapatkan layanan in ter net yang lebih cepat dan sta bil melalui fiber broadband. “Jakarta, Denpasar, Ban jarma sin, Balikpapan, dan Ma kas - sar merupakan kota-kota dengan permintaan yang ting gi untuk layanan ini,” ujar dia. Sementara itu, Director Bu - siness Development Netflix Gau rav Pradhan menam bah - kan, dengan kerja sama ini akan mempermudah peng ge mar hi - buran di Indonesia un tuk mengakses layanan Net flix.

Para pe - lang gan juga bisa menikmati film-film Indo ne sia, seperti Ada Apa Dengan Cinta? 2, Filosofi Ko - pi, dan film orisinal dari In do nesia, de ngan kualitas gambar ber - de fi nisi tinggi dan bebas iklan. “Masyarakat Indonesia kini da pat lebih mudah me nik mati ko leksi film, serial TV, film do ku - men ter, serta acara keluarga dan anak berkualitas tinggi dari ber - bagai negara da lam ke nya - manan ruang tamu mereka sen - diri,” katanya.

Heru febrianto