Edisi 06-12-2018
Alihkan Fokus Lawan Malaysia


JAKARTA– Tim nasional futsal Indonesia U-20 langsung mengalihkan fokus pada matchdaykedua kualifikasi Piala AFC Futsal U-20 zona ASEAN kontra Malaysia.

Skuad Garudawajib meraih poin penuh untuk menjaga peluang lolos ke putaran final. Timnas Indonesia mengawali perjuangan di Piala AFC Futsal U-20 dengan kurang meyakinkan. Mengha - da pi Vietnam di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand kemarin, Ahmad Habibie dkk dipaksa berbagi angka setelah bermain imbang 3-3. Buruknya konsen trasi pemain menjadi masalah utama yang harus dibenahi pelatih Kensuke Takahashi untuk menghadapi tiga per - tandingan selanjutnya. Penggawa timnas kerap kehilangan fokus sehingga tidak mampu mempertahankan keunggulan. Raihan satu poin ini menem patkan Indonesia di pering kat dua klasemen sementara zona ASEAN di bawah Malaysia yang mengoleksi 3 angka.

Tim Negeri Jiran mampu me raih kemenangan atas Myan mar dengan skor tipis 1-0 pada laga kedua, kemarin. Semen tara Thailand dan Myanmar baru akan memainkan laga perdana hari ini. Dalam laga yang berlang - sung sengit kemarin, Indonesia sejatinya mampu unggul ter le - bih dahulu lewat gol cepat Muhammad Rizky Xavier. Dia mampu mencatatkan namanya di papan skor saat pertan ding-an baru berjalan kurang lebih dua menit. Unggul satu gol membuat Indonesia tampil percaya diri dan terus mem berikan tekanan. Sejumlah pe luang mampu tercipta na mun tidak berhasil mem buahkan gol. Karena keasyikan menye rang, timnas kehilangan fokus mengan tisipasi serangan lawan.

Akibatnya, pada menit ke- 12, Vietnam mampu menya - makan kedudukan 1-1 lewat sepakan Dao Minh Quang. Dua menit kemudian, Vietnam justru berbalik unggul setelah gawang Ahmad Habibie kem - bali dibobol Nguyen Huyn Thanh. Beruntung, Muham - mad Sanjaya mampu me - maksimalkan peluangnya dan menciptakan gol penyama kedudukan pada menit akhir. Sejatinya, Indonesia sebenarnya bisa unggul 3-2 pada babak pertama. Namun, gol Afif Rizky pada menit ke-13 dianulir wasit Abdallah Ghatih. Skor sama kuat 2-2 menu - tup babak pertama. Pada paruh kedua, Indonesia kembali meningkatkan serangan untuk mengejar kemenangan. Pada menit ke-26, kerja sama Rizky Xavier dan Syaifullah berbuah gol.

Namun lagi-lagi, konsen - trasi menjadi masalah anak asuh Kensuke Takahashi. Mereka hanya mampu unggul selama dua menit sebelum kemudian disamakan HM Woen lewat sepakan kerasnya. Dengan tambahan satu angka, Indonesia wajib meme - nangkan laga selanjutnya melawan Malaysia, Myanmar, dan Thailand untuk menjaga peluang lolos ke pu tar an final. Dari lima tim yang meng ikuti kualifikasi zona ASEAN, hanya tiga negara ber hak melaju ke babak selan jutnya. Timnas sendiri sebelumnya ditargetkan Federasi Futsal Indonesia (FFI) lolos ke putaran final untung menjaga asa tampil di Piala Dunia Futsal. Ketua Umum FFI Hary Tanoesoedibjo (HT) ber harap Habibie dkk mem berikan penampilan terbaiknya untuk memastikan diri tampil di putaran final Piala AFC.

“Target federasi sudah pasti lolos ke final. Kita kan selalu menargetkan bisa tampil di Piala Dunia Fut sal. Kalau bisa tembus semi fi nal, sudah oto - ma tis dan tentu saja diha - rapkan menjadi juara,” ujarnya. HT menegaskan, skillserta teknik pemain saat ini sudah sangat baik serta tidak kalah dengan negara lain di Asia. Namun, dia melihat jika teamworkkerap menjadi masalah sehingga permainan tidak maksimal. Untuk itu, dia mengingatkan para pemain untuk menjaga kekompakan di luar maupun di dalam lapangan.

Menurutnya, meskipun berbeda klub, tapi jika mem - bawa nama negara, seluruh pemain harus menyatu. “Jaga kekompakan. Di tim, tidak ada yang terbaik karena ini merupakan teamwork. Jadi, tidak boleh bermain individual, harus punya chemistryyang kuat agar permainan bisa menjadi lebih hidup. Prestasi apa pun, pasti disertai dengan kerja sama tim,” katanya.

Abriandi


Berita Lainnya...