Edisi 06-12-2018
Bikin Jeep Keren Lagi


JEEP Wrangler terbaru akhirnya menyapa masyarakat Indonesia juga. Di tangan tuan baru, Jeep Wrangler masih punya kesempatan untuk keren lagi. Apa kabar brand Jeep?

Dua tahun terakhir ini brand Jeep seolah tenggelam dari hirukpikuknya dunia automotif nasional. Mobil legendaris Amerika itu seakan-akan menutup diri dari aktivitas marketing . Padahal, saat Garansindo membawa Jeep kembali pulang ke Indonesia, SUV legendaris Amerika ini langsung mencuri perhatian. Mobil-mobil baru Jeep berdatangan dengan cepat. Ko - mu nitas Jeep malah ber munculan bak cendawan pada musim hujan. Tapi itu dulu karena dua belakangan ini Jeep seakan menutup diri. Ada apa? Tiba-tiba saja, pada bulan terakhir tahun ini, Jeep bergeliat lagi.

Mengejutkannya lagi merek mobil buatan Toledo, Ohio itu ternyata mem - bawa bendera baru. Bukan lagi Garansindo, tapi PT Hascar International Motor. Sebagai pemain baru, Has - car ternyata telah meng akuisisi hak ke agenan brand Jeep di Tanah Air yang sebelumnya dipegang oleh Garasindo. Tak mau di anggap hanya mainmain, Has car telah memiliki beberapa rencana untuk mem buat brand Jeep keren lagi. “Kami tahun depan me nargetkan 559 unit, tahun 2020 kami targetkan 1.200 sampai 1.300 unit. Itu untuk seluruh brand yang kami pegang ya,” ucap Ari Utama, CEO Hascar International Motor. Sebagai langkah awal, Hascar menghadirkan model baru Jeep Wrangler. Langkah ini terbilang taktis karena Jeep Wrangler memang jadi tulang punggung penjualan Jeep di Indonesia selama ini.

“All New Wrangler hadir dengan se rang - kaian perubahan baru yang membuat tampilannya ber - beda namun tetap mem per - tahankan ciri khasnya, interior yang nyaman, dan mesin 2.0L turbocharger yang juga baru,” kata Ari dalam sambutannya. Kehadiran Jeep Wrangler baru di Indonesia terbilang prestisius karena di kawasan Asia Tenggara hanya Indonesia yang kedapatan model baru Jeep Wrangler tersebut. Di keta hui Fiat- Chrsyler Corpo ration (FCA) memperkenalkan generasi terbaru Jeep Wrangler 2018 berkode JL di ajang Los Angeles Auto Show 2017 diperkenalkan pada November 2018. Seperti Jeep Wrangler sebelumnya, Jeep Wrangler baru masih mempertahankan desai Jeep berkode JK.

Na mun, kali ini ada beberapa elemen lama yang dihadirkan di model tersebut. Salah satunya melalui kisi gri l l yang terinspirasi dari CJ dan desain lampu bulat di ba gian depan nya. Meski seki - las sama, ba nyak unsur mo - dern yang diterapkan, contohnya seperti sistem pencahaya - an yang kini mengaplikasi LED. Di bagian interior, Jeep menyuguhkan desain retro klasik dengan sentuhan warna serupa ba - gian eksteriornya. Tampilan das - bornya meng - ingatkan pada versi Jeep Wrangler YJ yang klasik. Di bagian tengah dasbor terdapat layar display yang men jadi otak dari sistem infotainment U-Connect milik Fiat Chrysler. Pada panel instrument , juga terdapat layar di bagian tengah sebagai pusat informasi kendaraan. Nah ada juga yang baru di bagian mesin.

Generasi ter baru Jeep Wrangler ini menggu na kan mesin empat silinder ber kapasitas 2.000 cc yang telah dilengkapi twin scroll turbocharger . Meski kapasitasnya lebih kecil dari generasi sebe lumnya, mesin ini memiliki tenaga 270 hp dan torsi menca pai 400 Nm, yang lebih besar dari model sebelumnya. Te naga mesin disalurkan lewat transmisi delapan percepatan otomatis. Bagaimana dengan harga? Sebagai informasi, All New Jeep Wrangler memiliki tiga varian, yakni Sport, Sahara, dan Rubicon. Untuk varian Sport, versi 2-door dijual Rp1,199 miliar dan Rp 1,399 miliar untuk versi 4-door . Varian Sahara dibanderol Rp1,499 miliar. Adapun varian Rubicon, 2- door dijual seharga Rp1,499 miliar dan 4-door Rp1,599 miliar.

Semua masih dalam kondisi off the road Jakarta. Untuk pelayanan aftersales, Hascar berusaha total meman - jakan pemilik Jeep. Mereka menargetkan akan memba - ngun setidak - nya 11 sampai 14 outlet baru, untuk meno - pang penjualan produknya. Diakui Ari, saat ini pihak nya telah memiliki be berapa outlet yang tersebar di bebe - rapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Bali. Dealer atau outlet tersebut, me nurut Ari, adalah dealer lama yang sebe lumnya memang menangani Jeep.

“Jadi, kami pendekatan ke dealerdealer yang sebelum nya sudah pegang Jeep. Kami coba konfirmasi ke mereka bagaimana rencana selanjut nya,” ucapnya. Selain itu, Ari berjanji un - tuk mendatangkan lebih ba - nyak lagi produk Fiat Chrysler Automobiles, khususnya Jeep ke Indonesia. Jadi, sudah saatnya Make Jeep Great Again.

Wahyu sibarani