Edisi 06-12-2018
Membangun Generasi Bebas Anemia


BERTEPATAN dengan Hari Guru Nasional 2018 pada 25 November 2018, Merck berkolaborasi dengan 1.000 guru melalui kegiatan Teaching and Traveling mengajak anak muda mengedukasi pentingnya kecukupan zat besi sebagai upaya membangun generasi bebas anemia di Indonesia.

Setelah menggelar kegiatan Teaching and Giving di Serang, Merck menjangkau lebih banyak kota di Indonesia yang akan dikunjungi hingga pengujung tahun ini, di antaranya Belitung, Lampung Selatan, Jambi, Riau, Purwakarta, Jember, Entikong, Balikpapan, Banjarmasin. Dilatarbelakangi masih minimnya pemahaman keluarga Indonesia mengenai pentingnya kecukupan zat besi, Merck melakukan berbagai upaya bersama 1.000 guru dan agent of change, sebutan bagi relawan yang membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai anemia. Dimulai dari pengenalan tentang pemahaman, gejala, akibat dan cara pencegahan melalui media pembelajaran interaktif, dan melibatkan partisipasi aktif lebih dari 180 siswa SDN Badau, Belitung.

Associate Marketing Director PT Merck Tbk Anie Rachmayani mengatakan, kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab utama penyakit anemia yang dapat memengaruhi perkembangan psikomotorik, kognitif, dan sosial-emosional pada anak. “Namun, pemahaman keluarga Indonesia mengenai penting - nya kecukupan zat besi serta dam paknya pada tumbuh kem - bang dan kemampuan kognitif anak dinilai masih minim. Menyambung kegiatan edukasi anemia di Serang beberapa waktu lalu, kini semangat #GenerasiBebasAnemia kami sebarkan ke seluruh penjuru Indonesia, termasuk Belitung, dengan mengajak agent of change berbagi edukasi anemia kepada murid & guru SDN Badau,” papar Anie.

Dia menambahkan, upaya Merck membuat edukasi anemia yang mudah dimengerti dan dekat dengan keseharian anak-anak membuat relawan begitu semangat berbagi informasi dan menjadi inspirasi bagi sekitar untuk bersamasama membangun masyarakat hidup lebih sehat dan aktif hingga 100 tahun. Pendiri Komunitas 1.000 Guru Jemi Ngadiono mema par - kan lebih lanjut tentang kol a - borasi dengan Merck yang bertepatan dengan momen Hari Guru Nasional 2018. ”Teaching and Traveling me - rupakan kegiatan yang menarik minat anak muda pencinta traveling untuk memberi makna bagi tempat yang dikunjungi. Kami datang bukan karena perbedaan, melainkan rasa perikemanusiaan untuk menginspirasi dan membangun Indonesia yang lebih baik bersama-sama,” ungkap Jemi.

Iman firmansyah