Edisi 06-12-2018
Tips Lindungi Diri dari HIV-AIDS


PENYEBARAN HIV dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya di Indonesia semakin meningkat pada masyarakat umum.

Salah satu hal yang memicu fenomena tersebut adalah minimnya akses mendapatkan pengetahuan mengenai bahaya penyebaran, sekaligus pencegahan HIV dan IMS di Indonesia. HIV dapat menular melalui hubungan seks tanpa kondom, penggunaan jarum/alat suntik yang terinfeksi HIV, dan dari air susu ibu positif HIV kepada anaknya. HIV tidak menular melalui jabat tangan, berciuman, menggunakan peralatan makan atau kerja bersama, berbagi ruangan, dan kontak sosial biasa.

Penyebaran penyakit mematikan tersebut dapat ditekan salah satunya dengan penggunaan alat kontrasepsi, yakni kondom. Kondom merupakan alat kontrasepsi yang menghalangi sperma, semen, dan lesi genital lainnya untuk melakukan kontak dengan alat genital pasangan. Dr Tirsa Verani SpOG dari RS Brawijaya Antasari dalam kampanye #UbahHidupLo di Car Free Day Sudirman mengungkapkan beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari infeksi HIVAIDS. Beberapa di antaranya menahan diri untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, berlaku tetap setia pada satu pasangan seksual, dan main aman dengan menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual berisiko.

“Tidak ada salahnya melakukan VCT atau voluntary counselling & testing untuk mengetahui status Anda,”kata dr Tirsa. Dia juga menyarankan untuk mengetahui status pasangan Anda.

(sri noviarni)