Edisi 06-12-2018
Honeywell-UGM Resmikan Laboratorium Teknologi AR/VR


HONEYWELLdan Universitas Gadjah Mada (UGM) meresmikan laboratorium yang terhubung dengan tek no logi simulasi berkemampuan AR/VR (augmented reality).

Dengan adanya lab di UGM ini, Honeywell kini mampu menghubungkan teknologi awan di tiga laboratorium yang menggunakan teknologi Honeywell di tiga perguruan tinggi unggul di Indonesia. “Tujuannya agar ketiganya dapat berkolaborasi lebih erat dalam mengembangkan pengetahuan para insinyur masa depan Indonesia, khususnya di bidang teknologi Industry 4.0,” ungkap Presiden Honeywell Indonesia Roy Kosasih. Ke depannya fasilitas ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi terhubung dan IIoT (industrial internet of things ), fondasi 4IR.

“Sebagai perusahaan teknologi yang memiliki pengetahuan dan pengalam - an luas di bidang IIoT, Honey - well berkomitmen men du - kung pertumbuhan Indo ne - sia dengan menghadirkan teknologi relevan agar para insinyur masa depan dapat membuat Indonesia siap ma - suk pada era 4IR,” ucapnya. Laboratorium terhubung Honeywell-UGM ini didu - kung Honeywell Hometown Solutions yang merupakan bagian dari program tang - gung jawab sosial perusaha - an. Teknologi Honeywell yang disediakan di UGM bermuara pada konektivitas cyber yang memungkinkan mahasiswa dan dosen menstimulasikan beragam proses industri serta menciptakan sistem hingga perangkat lunak baru.

“Diharapkan dari kelom - pok ini akan muncul ran ca ng - an 4IR yang membumi sesuai sifat bangsa Indonesia yang mengutamakan kemanfaatan dan kesejahteraan umum di atas sekadar capaian angka efisiensi dan produktivitas,” katanya. Laboratorium ini juga akan mendukung kegiatan riset mobil listrik. Mobil listrik adalah kendaraan masa depan yang seharusnya sudah dipersiapkan mulai sekarang. Mobil listrik menggunakan motor brushless direct current (BLDC) dengan metode ko - mu tasinya dilakukan melalui sebuah rangkaian elektronik yang disebut kontroler.

Motor BLDC ini banyak digunakan sebagai penggerak utama kendaraan listrik, mulai sepeda hingga mobil listrik. Pada kendaraan listrik, pengatur kecepatan sangat dibutuhkan sehingga diperlukan sebuah metode pengendalian motor yang baik, karena saat ini beberapa metode pengendalian motor konvensional sudah tidak dapat lagi digunakan. “Field Oriented Control (FOC) merupakan solusi untuk dapat meningkatkan efektivitas kendali motor secara keseluruhan,” ujar pe - neliti utama Fakultas Teknik UGM, Dr Eka Firmansyah. Sebelumnya Honeywell Lab juga sudah hadir di Ins ti - tut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia. Kini laboratorium di tiga pergu-ru - an tinggi tersebut dapat ter - hu bung dan berbagi sumber daya melalui teknologi canggih yang disediakan.

Menristek Dikti Moha - mad Nasir menyampaikan, La boratorium Honeywell dapat meningkatkan daya saing. Daya saing bangsa yang paling dominan ada pada learning process and innovation. “Negara disebut peme nang bukan karena banyak nya sumber daya alam, juga bu kan karena banyak penduduknya, melainkan punya banyak inovasi,” ujar Nasir. Menristek Dikti juga menyampaikan, pada era Revolusi Industri 4.0 ini, kita perlu memikirkan bagaimana menghadapi bonus demografi. Sebab, sumber daya ma - nu sia jika tidak dimanfaatkan de ngan baik akan menjadi bumerang.

Anton c