Edisi 07-12-2018
Kiai Ma’ruf: Pembangunan Papua Harus Tetap Jalan


JAKARTA –Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin mengaku prihatin atas kasus pembantaian yang terjadi di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut mendorong agar kasus tersebut diusut tuntas sehingga tidak menganggu proses pembangunan di Bumi Cen - drawasih. “Jangan sampai kemudian adanya penembakan ini, peme - rintah jangan berhenti mem - bangun. Mungkin kalau (ber - henti) sementara ketika itu terjadi. Namun, pembangunan harus jalan terus. Pemerintah harus melanjutkan pemba - ngun an karena itu penting bagi rakyat Papua dan dalam rangka pemerataan,” tutur Kiai Ma’ruf kepada wartawan di kediam an - nya, Jalan Situbondo, Men - teng, Jakarta Pusat, kemarin.

Mutasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan, pembangunan di wilayah Papua merupakan upa - ya pemerintah untuk menghi - langkan kesenjangan atau dis - pa ritas antardaerah. Upaya ini harusnya didukung dan terus dilanjutkan di masa depan apa pun risikonya. “Yang selama ini dilakukan oleh Pak Jokowi itu serbalurus. Jadi jangan sampai karena adanya kasus penem - bak an itu, kemudian menim - bul kan keraguan untuk dilan - jut kan. Terus dilanjutkan su - paya masyarakat dengan per - lindungan, mereka aman dan sejahtera,” tuturnya. Dalam kesempatan itu, Kiai Ma’ruf juga meluruskan isu yang sempat muncul bahwa diri nya sakit karena beberapa hari terakhir tidak menemui wartawan.

“Sudah agak lama kaki saya terkilir, tapi saya terus saja melakukan kegiatan ke daerah-daerah. Oleh dokter, kemudian saya disarankan isti - rahat beberapa waktu supaya kaki yang terkilir itu bisa pulih. Saya sebenarnya bukan sakit. Tidak ada. Apa lagi diceritakan saya masuk rumah sakit,” kata - nya. Kendati dalam beberapa hari terakhir tidak melakukan kunjungan ke daerah, mantan rais aam PBNU itu mengaku tetap menerima berbagai dele - gasi di kediamannya.

“Ada yang deklarasi, ada yang dari rela - wan-relawan. Ada kelompok Gema Jamin. Gerakan Masya - rakat Jokowi-Ma’ruf Amin. Ada alumni Al Azhar datang ke sini juga. Ada relawan Suka - bumi. Kemudian juga dari Ka - din, menemui saya di sini. Ada lagi juga dari Banten. Bahkan kemarin juga dari Sumatera Ba - rat, jadi saya tidak pernah ber - henti berkomunikasi karena saya tidak bisa ke daerah untuk sementara.Istirahatkan diri se suai dengan saran dokter. Jadi sebenarnya saya enggak sakit. Dalam arti, cuma kaki ter kilir. Kalau kaki terkilir, ja - ngankan orang tua, anak muda saja bisa pincang. Itu biasa lah,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin, Hasto Kristi - yanto kemarin menemui un - tuk melaporkan sejumlah ke - giatan yang dilakukan tim kam panye. “Sekaligus mela - por kan safari politik yang su - dah kita jalankan dan banyak sekali yang menyampaikan as - pirasi masukan-masukan un - tuk ditujukan kepada KH Ma’ruf Amin,” ujar Hasto di ke - diam an Kiai Ma’ruf, di Men - teng, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, lan - jut Hasto, dirinya bersama Kiai Ma’ruf juga mendiskusikan di - namika politik yang berkem - bang saat ini. Menurutnya, Kiai Ma’ruf juga menyampaikan gagasan-gagasan tentang Banten sampai ke level kecamatan.

Tak hanya Banten, ulama se - nior itu juga membahas selu - ruh daerah yang sudah di kun - junginya. Khususnya daerahdaerah di luar Jawa. “Sehingga kami diskusi tentang 10 pro - vinsi besar dengan Kiai Maíruf dan beliau memberikan arah - an-arahan yang sangat spesifik untuk dapat dijalankan oleh TKN,” ungkapnya. Ditambahkan Hasto, TKN juga tengah merancang pro - gram bersama dengan PPP dan PKB untuk mengawal basis pe - milih dari organisasi kultural seperti NU. Seperti biasa, kata Hasto, Kiai Ma’ruf hanya mem - berikan arahan agar TKN mem bangun kampanye de - ngan narasi yang menyejuk - kan.

“Misalnya ada program sapa an nurani itu juga kami la - por kan. Karena setiap pagi be - liau kan mulai dengan salat subuh, terima tamu banyak ula - ma-ulama itu kan hal yang sa - ngat baik,” tandasnya.

Abdul rochim