Edisi 07-12-2018
DPR Dorong Pemerintah Gaungkan Geopark Ciletuh


JAKARTA - Dewan Perwa kilan Rakyat (DPR) khususnya Ko misi X melihat potensi Suka bumi, Jawa Barat, cukup besar di bidang pariwisata mulai dari geopark , gunung, pantai, hutan, serta kerajinan dan kuliner.

Anggota Komisi X DPR Putu Supadma Rudana m enyatakan yang menjadi ikon besar Sukabumi saat ini adalah Geopark Ciletuh Pala buhan - ratu. Ikon itu perlu digaungkan dan disampaikan kepada se - luruh masyarakat bahwa di Su - kabumi ada geopark yang sangat menarik. Apalagi, infrastruktur dan jalan tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) juga sudah di resmikan. Hanya itu baru tahap pertama, jadi masih ada tiga ta - hap lagi hingga sampai Pa la - buh anratu atau lokasi Geopark Ciletuh. “Itu tantangan terbesar. Ka rena itu, Komisi X meminta pemerintah, khususnya Ke - men terian PUPR, untuk men - dorong pembangunan in fra - strukturnya,” ucap Putu Supa - dma dalam keterangan ter tu - lisnya, kemarin. Menurutnya, pariwisata ti - dak akan berkembang jika in - frastrukturnya belum ter - wujud.

Hal yang meng gem bi - rakan, saat ini juga akan segera dibangun bandara di Kawasan Cikembang, Sukabumi. Pas ti - nya itu akan mendukung pa ri - wisata di daerah itu. Anggota Komisi X DPR Po - pong Otje Djundjunan me - nam bahkan, Geopark Ciletuh Palabuhanratu sudah me mi - liki modal dasar sebagai des ti - nasi masa depan yang bisa di - banggakan bangsa, apalagi sudah mendapat pengakuan UNESCO. “Modal dasar ini sudah di de - pan mata, tinggal diolah un tuk industri pariwisata yang pa da gilirannya akan mening kat kan pendapatan dan ke se jahteraan masyarakat,” kata nya.

Popong menyatakan, ter - kait industri pariwisata, bahan baku sudah begitu melimpah di Sukabumi dengan pe ma sar - an terbuka luas, tinggal pe nge - lolaannya, yakni hendaknya diolah oleh SDM andal se hing - ga bisa menjadi destinasi me - narik dan mengundang ma - suk nya wisatawan. Dia juga mendukung usulan agar Geo - park Ciletuh diangkat menjadi destinasi nasional.

Mula akmal