Edisi 07-12-2018
HT: Pariwisata & Properti Harus Jadi Sektor Prioritas


BALI –Real Estate Indonesia (REI) menjadi tuan rumah untuk World Congress International FIABCI (The International Real Estate Federation) 2018 di Bali, 4-9 Desember 2018.

Acara yang fokus mem bahas mengenai “Affordable Housing” ini di - hadiri perwakilan dari 70 negara anggota FIABCI. Acara tersebut didahului dengan Rakernas REI yang juga digelar di Bali. Pertemuan internasional ini mendapat tanggapan yang positif dari salah satu pembicara dari Indonesia, Hary Tanoe - soedibjo (HT), chairman MNC Group. Menurut dia, ajang tahunan ini menjadi starting point yang positif bagi Indonesia dalam meningkatkan keper - caya an para investor, terutama di sektor properti dan pariwisata. HT mengatakan, dua industri seperti properti dan pari - wisata bisa maju bersama-sama, meng - ingat kedua sektor tersebut sangat pen - ting bagi perekonomian dalam negeri.

Dia pun memastikan bahwa MNC Group membuka diri kepada para inves - tor asing dan siap berkolaborasi dengan perusahaan yang tengah membangun proyek di Lido dan Bali. Menurut HT, pariwisata menjadi penting bagi fondasi ekonomi karena mendatangkan devisa yang tidak sedikit. Hal itu terlihat dari total wisatawan yang berkunjung ke Indonesia selalu bertambah setiap tahunnya. Tercatat, pada 2017 turis yang datang ke Indonesia mencapai 16 juta orang, sebanyak 40% pergi ke Bali dan 30% ada di Jakarta.

“Kalau turis yang ke Bali bisa mencapai 6- 7 juta orang, namun kita masih kalah de - ngan Thailand yang sanggup men datang - kan 16-17 juta orang ke Phuket setiap tahunnya. Gapnya cukup banyak sehing - ga ini perlu perhatian dan strategi matang untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia,” ujarnya. Bali contohnya, tulang punggung ekonomi di sini adalah pariwisata dengan didukung oleh properti dan infrastruktur sebagai fondasinya. Potensi hospitally di - sebut HT sangat besar dan menarik karena pariwisata dan properti meng hasilkan devisa sehingga harus didukung dan jadi sektor andalan Indonesia di masa kini dan datang.

“Saya sangat sarankan dua sektor ini menjadi lintas utama dan prioritas. Kemarin saya bertemu Presiden Jokowi, dan beliau sepakat bahwa sektor properti dan pariwisata akan diper - hati kan dan diting kat kan per kem - bang an nya,” tandas HT.

Fokus Isu FIABCI

Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata mengatakan, gelar - a n acara FIABCI di Bali kali ini memiliki tiga tema. Tema pertama adalah “Affordable Housing and Tourism Develop - ment” di mana FIABCI peduli terhadap dua pertiga penduduk dunia yang masih mis - kin dan berpenghasilan rendah. “Maka nya kami sodorkan topik affordable housing atau rumah sederhana bersubsidi. Untuk tema kedua, yaitu ”tourism development”, nanti nya para peserta akan membahas tentang potensi pariwisata daerah di Indonesia,” kata Soelaeman.

Oleh karena itu, pengembang yang berminat diharapkan bisa merealisasikan rencananya melalui ajang tersebut. “Jadi, pada acara tersebut, kami tonjolkan potensi daerah. Kami juga mengundang pengembang yang minat di pariwisata,” tandasnya. Sementara tema ketiga yakni “investor meeting” atau dikenal dengan “business to business meeting”. “Ada sekitar 35 per usa - haan real estate yang hadir dalam per temu - an dan menawarkan proyek inves tasi ber - nilai hampir Rp35 triliun,” ujarnya.

Miftahul chusna