Edisi 07-12-2018
Jamkrindo Salurkan Bantuan PKBL di Solo


JAKARTA - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pembangunan kan dang komunal untuk peternakan sapi.

Hal ini sebagai du kungan terhadap program BUMN Hadir Untuk Negeri di Solo, Provinsi Jawa Tengah, kemarin. Direktur Bisnis Penja minan Perum Jamkrindo Amin Mas’udi mengatakan, bantuan ke masyarakat ini merupakan pro gram bina lingkungan Pe - rum Jamkrindo untuk mem - ban tu pemerintah dalam pro - gram Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada klaster peternakan ter padu. Bantuan itu antara lain dilakukan pada pening katan mutu kandang komunal di Wonogiri, Jawa Tengah. “Program bantuan ini merupakan wujud kepedulian Perum Jam - krindo kepada masyarakat dan mendukung program peme - rin tah, yaitu BUMN Hadir Un - tuk Negeri,” kata Amin dalam siaran persnya, kemarin.

Bantuan kandang komunal yang disalurkan Perum Jam - krind o tercatat sebesar Rp260 juta diserahkan kepada dua ke - lompok tani Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Penga yom Tani Sejagat di Desa Ke dungombo, Wonogiri, dan Pu sat Pelatihan Seknas BUMN Indonesia. Amin mengatakan, pe nyam - paian bantuan itu me ru pakan wujud BUMN Hadir Un tuk Ne - geri sehingga kebera da an BUMN bisa dirasakan man faat - nya untuk masyarakat. “PKBL yang kita lakukan me ru pakan wujud nyata peran BUMN untuk masyarakat dan pe ran BUMN sebagai agen pem bangunan membantu me ningkatkan taraf hidup ma sya rakat dan ling kung - an sekitar,” kata Amin.

Menurut Amin, setiap tahun Jamkrindo mencatatkan kenaikan volume penjaminan. Pada kuartal III/2018 total realisasi volume penjaminan tercatat sebesar Rp126 triliun. Porsi terbesar diperoleh dari penjaminan non-KUR sebesar Rp85,18 triliun dan sisanya Rp41,30 triliun merupakan penjaminan KUR. “Semoga ke depan, kami senantiasa men - jadi pilihan utama pelaku usa - ha dalam layanan penja min - an,” ujarnya. Dia menegaskan, Jam krin - do bertekad untuk terus mem - perkuat peran strategisnya bagi perekonomian nasional de ngan melakukan penguatan basis data UMKM.

“Tidak se ba tas penjaminan kredit, kami terus berinovasi memberikan layanan terbaik bagi UMKM,” kata Amin. Jamkrindo, kata dia, juga terus berupaya mening katkan kinerja melalui ber bagai inisiatif strategis serta berkomitmen mem perluas pasar penjaminan.

Rakhmat baihaqi