Edisi 07-12-2018
Mou Kritik Setan Merah


MANCHESTER– Jose Mourinho merasa ku rang puas dengan per forma Manchester United (MU) saat men jamu Arsenal pada lanjutan Liga Primer.

The Special Oneagak kecewa karena para pemainnya mem biar kan lawan mencuri poin. MU gagal memaksimalkan dukungan fanssetia yang hadir di Old Trafford, Kamis (6/12). Meski menjadi tuan rumah, Setan Merahterus mendapat tekanan dari Arsenal. Fakta - nya, tim tamu sempat dua kali memimpin. Beruntung, MU bisa terhindar dari kekalahan lantaran laga berakhir 2-2. Arsenal sempat unggul dulu lewat Shkodran Mustafi pada menit ke 26. MU bisa membalas melalui Anthony Martial pada menit ke-30. Sialnya, Marcos Rojo melakukan gol bunuh diri yang membuat The Gunners kembali memimpin 2-1 pada menit ke-68. Namun, dewi fortuna masih memihak MU.

Pasalnya, satu me nit berselang, Jesse Lingard dapat menyamankan keduduk an. “Kami melakukan dua kesa lahan besar yang berujung gol bagi Arsenal. Kesalahan lainnya adalah kami membiar kan lawan melakukan serangan balik,” ucap Mourin - ho, dilansir Skysport. Pada laga kandang itu Mourinho mencadangkan Paul Pogba, Romelu Lukaku, dan Maroane Fellaini. Mungkin karena ini pula performa MU kurang maksimal. Terbukti, terjadi sejumlah kesalahan di babak pertama, salah satunya dilakukan kiper David de Gea yang kurang sempurna menepis sundulan Mustafi. Gol kedua Arsenal juga terjadi akibat blunder Rojo. Bek asal Argentina itu salah me - laku kan passingdan malah mengirim bola kepada Alexandre Lacazette.

Pemain berusia 28 tahun itu lalu berlari ke belakang dan mencoba menyapu bola yang disepak Lacazette. Tapi, bola malah masuk ke dalam gawang sendiri. “Kami menderita karena passingyang mudah dibaca. Kami juga kurang sempurna mengenai penguasaan bola. Dan, sekali lagi, performa kami sepertinya bisa diantisipasi lawan,” ungkap Mourinho. Akibat hasil ini, MU terus gagal meraih poin penuh selama empat laga terakhir di Liga Primer. Sebelumnya mere ka dipermalukan Manchester City 1-3, Minggu (11/11). Setelah itu ditahan Crytal Palace 0-0, Sabtu (24/11), dan bermain 2-2 kontra Southampton, Minggu (2/12). Bahkan, ini kedua kali secara berturut-turut The Red Devilsgagal meraih kemenangan di Old Trafford di kompetisi domestik.

Ironisnya, jumlah kebobolan malah lebih banyak dibandingkan produktivitas. MU baru memasukkan 24 kali dari 15 laga yang dijalani. Tapi, yang menjadi sorotan, mereka juga sudah kecolongan 25 gol. Itu menyebabkan Eric Bailly dkk turun satu anak tangga ke urutan kedelapan dengan 23 poin. Mereka harus rela berada di belakang Everton dan AFC Bournemouth meski perolehan poinnya sama. “Tidak ada tempat bagi pemain yang tidak mengerahkan segenap kemampuannya,” tutur Mourinho. Jika Mourinho menggerutu, tidak demikian dengan Unai Emery. Pelatih asal Spanyol itu mengaku sangat bangga dengan permainan para pemainnya.

Dia senang karena Arsenal tetap tampil menyerang meski pada laga itu kehilangan sejumlah amunisi. Arsenal terpaksa menarik Rob Holding di babak pertama akibat cedera. Lalu, setelah jeda, giliran Aaron Ramsey yang tidak bisa meneruskan per tanding an. Meski demi kian, Hec - tor Bellerin dkk mam pu memberikan respons yang tepat. “Cedera itu menjadi kabar buruk bagi kami. Holding masih harus menunggu pemeriksaan dokter. Dia menderita cedera lutut yang parah. Tapi, setelah dua pemain cedera itu, setiap pemain menunjukkan komitmennya dan mentalitas untuk tetap menjaga performa di lapangan,” tandas Emery.

Yang jelas, dengan bermain imbang kontra MU, Arsenal ber peluang masuk empat be sar. Mereka mengoleksi 31 poin, setara dengan Chelsea yang tanpa diduga dikalahkan Wol - verhampton Wanderers 1-2. Arsenal dan Chelsea kini terpaut dua poin dari Tottenham Hotspur yang sukses melibas Southampton 3-1. Sementara selisihnya dengan Liverpool kini menjadi delapan poin. The Reds menjaga rekor tidak terkalahkan di Liga Primer musim ini dengan melumat Burnley 3-1.

M mirza