Edisi 07-12-2018
Percha Tertantang Urus PB PBI


JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI) akan mencari ketua umum baru saat menggelar Musyawarah Nasional (Munas) PB PBI di Hotel Ambara, Jakarta, hari ini.

Sampai saat ini, Percha Leanpuri menjadi satu-satunya yang terdaftar yang maju untuk mengisi posisi tersebut. Wanita berusia 32 tahun ini memang bukan dari kalangan olahragawan. Statusnya yang merupakan sebagai mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2009– 2014 itu merasa tertantang untuk menjadi Ketua Umum PB PBI untuk masa bakti 2018– 2022. Apalagi, dia memiliki tekad untuk membangun boling bisa lebih merata di sejumlah wilayah Indonesia. “Ya, saya ingin menghilangkan stigma boling olahraga eksklusif di masyarakat. Itu tekad saya jika terpilih menjadi Ketua PBI,” kata Percha, saat ditemui di Hotel Bellevue, Jakarta Selatan, Kamis (6/12).

Boling merupakan olahraga yang dalam satu dekade terakhir berkembang pesat di Tanah Air. Permainan yang menggunakan bola dan pin ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Hanya, antusiasme publik itu terkendala sarana dan prasarana. Akibatnya, boling pun menjadi olahraga yang terkesan eksklusif. Itu terlihat dari jumlah tempat yang menyediakan boling, baik untuk olahraga atau sekadar hobi yang masih minim. “Bowling Goes to School jadi program utama saya. Intinya, saya ingin meningkatkan prestasi boling di Tanah Air diawali dari segi pembinaan. Untuk itu, saya akan merangkul pelajar dan mahasiswa di Indonesia agar mereka juga bersama PB turut mengangkat prestasi boling,” ucap Percha.

Tekad dari putri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ini beralasan. Pasalnya, Percha tidak asing dengan boling. Dia sudah menggeluti boling sejak kecil. Kini, kepengurusan PBI 2018–2022 sedang dibuka dan Percha pun berinisiatif untuk menjadi pemimpin demi membenahi prestasi boling di Tanah Air.

Raikhul amar



Berita Lainnya...