Edisi 07-12-2018
Konsisten Berkarier dan Bintang Iklan


JENNIFER GARNER adalah aktris yang telah puluhan tahun malang-melintang di Hollywood. Popularitasnya tak hanya karena prestasinya dalam seni akting serta kehidupan pribadinya.

Perempuan yang bernama lengkap Jennifer Anne Garner ini lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat, pada 17 April 1972. Keluarganya pindah ke Charleston, West Virginia saat usianya masih 3 tahun. Dia adalah putri dari pasangan Patricia Ann, seorang pensiunan guru bahasa Inggris, dan ayahnya, William John Garner, mantan insinyur kimia. “Saya adalah anak tengah dari tiga anak perempuan. Saya memiliki dua saudara yang mengagumkan,” ujar Garner, seperti dilansir D ailyamail.co.uk. Sejak kecil, perempuan yang akrab disapa Garner ini sudah menikmati dunia seni. Saat masih duduk di bangku sekolah, dia memainkan saksofon dan berpartisipasi dalam pentas musikal di teater komunitas lokal bernama Charleston Light Opera Guild.

“Di teater tersebut, saya juga belajar piano, menyanyi, memainkan saksofon, dan menari balet,” ujar Garner. Kariernya di dunia hiburan Hollywood dimulai tak lama setelah lulus dari Denison University di Ohio pada 1994. Dia sempat pindah ke New York. Di sini Garner bekerja sebagai pemain pengganti untuk produksi A Month in the Country, yang dibintangi Helen Mirren dan F Murray Abraham. Berkat kemampuan aktingnya, dia langsung tampil di serial televisi pada 1995, membintangi miniseri NBC berjudul Zoya yang diadaptasi dari buku Danielle Steel. Selama beberapa tahun, Garner muncul dalam peran kecil di serial televisi dan film. Dia mendapatkan peran kecil di Harvest of Fire, Dead Man’s Walk, Swift Justice, dan Law & Order. Garner bertemu Stephen Colbert ketika syuting episode Spin City .

“Saat merintis karier saya, saya sempat menjadi babysitter bagi anak-anak Stephen Colbert,” ujar Garner. Garner kemudian pindah ke Los Angeles pada tahun 1997 dan mendapatkan peran utama pertamanya di serial drama Rose Hill dan Washington Square . Dia juga ambil bagian dalam drama Mr. Magoo, Deconstructing Harry, dan Significant Others and Felicity. Hingga pada akhirnya pada 2001 dia mendapatkan peran sebagai agen CIA Sydney Bristow dalam serial ABC berjudul Alias. Serial ini berhasil melambungkan namanya dan menjadikan Garner sebagai selebriti kelas A. Selama lima musim berturutturut, Garner berhasil merebut hati para penonton dalam serial itu.

Kerja kerasnya di serial televisi tersebut pun membuahkan hasil. Berkat peran itu ia mendapatkan piala Golden Globe dan Screen Actors Guild (SAG ). Di Emmy Awards yang menghargai insan pertelevisian, ia mendapat empat nominasi bergengsi. Selama berkecimpung sebagai aktris, Garner telah muncul di banyak produksi televisi serta film-film seperti Elektra , 13 Going on 30, Daredevil, Pearl Harbor, dan Dude, Where’s My Car?. FilmDaredevil menjadi film yang cukup penting bagi Garner. Karena dari dua film itulah, dia bertemu dengan aktor tampan Ben Affleck, yang kemudian resmi menjadi suaminya pada 2005. Keduanya pun dikenal sebagai pasangan Hollywood yang serasi.

Popularitas keduanya kian meningkat dan tawaran film-film box office pun berdatangan, di antaranya Juno dan Dallas Buyers Club. Dari pernikahan ini, Garner dan Affleck memiliki dua anak perempuan, serta satu anak laki-laki. Saat memiliki tiga anak, Garner sempat mengalami kesulitan membagi waktu antara syuting dan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Sayangnya setelah berumah tangga selama 10 tahun, pasangan yang selalu terlihat harmonis ini memutuskan untuk berpisah dan mengumumkan perceraian pada 30 Juni 2015. Meski sempat terpuruk akibat perceraian, Garner tetap konsisten berkarier dalam akting.

Pada 2018 ini Garner merilis film terbaru Peppermint. Penghargaan yang telah dia raih, di antaranya Golden Globe, MTV Movie Awards, dan PeoplePeoples Choice Awards.

Dwi nur ratnaningsih