Edisi 07-12-2018
Komitmen untuk Pelatihan Keterampilan Digital bagi UKM


PADAacara tahunan Google for Indonesia ketiganya, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan yang akan membantu warga Indonesia “maju rame-rame” dalam ekonomi digital yang berkembang sangat pesat ini.

Produk-produk penting yang diluncurkan yaitu Jobs on Google Search, membantu pencari kerja di Indonesia menemukan dan mem-posting lowongan pekerjaan yang relevan; Google Go, aplikasi yang membantu pengguna menemukan konten terbaik di internet; dan Asisten Google di WizPhone, ponsel kelas menengah pertama buatan Indonesia yang sudah dilengkapi Asisten Google.

Selain itu, Google mengembangkan program pelatihan digital dan platformnya untuk membantu developer aplikasi, usaha kecil, dan pengusaha perempuan di Indonesia terus maju. Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, mengumumkan bahwa Google sudah melatih 110.000 developer sejak 2016, “Dengan lebih dari 50% populasinya memiliki akses internet, ekonomi digital yang berkembang pesat, dan bangkitnya startup Indonesia, negara ini berancang-ancang menjadi kekuatan digital yang besar. Di Google, kami bangga bisa menjadi bagian dari transformasi digital Indonesia,” ungkap Randy.

Program pelatihan keterampilan digital Google telah melatih 1 juta UKM Indonesia sejak 2015 dan berencana melatih 1 juta lagi UKM hingga 2020. Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, menjabarkan, inisiatif literasi digital Google termasuk dana sebesar USD875.000 dari organisasi filantropinya, Google.org, untuk Maarif Institute, Peace Generation, Ruang Guru Foundation, Love Frankie, dan Cameo Project untuk membina 12.000 siswa menjadi agen toleransi, multikulturalisme, dan nilainilai positif. Ken Tokusei, Director International Search, mengungkapkan, fitur-fitur baru Search menawarkan akses informasi yang lebih mudah bagi Indonesia.

Lebih dari se - paruh konten online tersedia da lam bahasa Inggris, tetapi ha nya 1% konten web tersedia da lam bahasa Indonesia. “Untuk menutup kekurangan ini, kami berkolaborasi dengan Wikipedia untuk membuat konten ber bahasa Inggris yang dapat diakses dan berguna bagi orang Indonesia. Sekarang sistem kami akan meng iden ti - fi kasi artikel Wikipedia yang relevan dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris, me ner - jemahkannya ke bahasa Indonesia menggunakan sistem neural machine translation yang diberdayakan AI, kemudian me munculkan artikel tersebut di Google Search,” ucap Tokusei.

Tokusei mengumumkan layanan Jobs on Google Search yang menampilkan lowongan pekerjaan di Search. Untuk membantu menghubungkan pencari kerja dan perusahaan di pasar lowongan kerja di Indonesia yang kompetitif. Kata kunci “lowongan pekerjaan” akan menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh web dengan fitur yang menggolongkannya ke berbagai kriteria, termasuk jenis pekerjaan, industri, atau kota. Para pencari kerja juga bisa mendapatkan notifikasi lowongan pekerjaan yang relevan. “Kami sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan dan kami sangat optimistis akan dampaknya bagi Indonesia,” katanya.

Mengakses informasi di web dengan Google Go, aplikasi serbaguna untuk internet dengan teknologi AI, membantu pemilik baru smartphone yang pertama kali mengakses web menemukan berbagai situs dan aplikasi dengan mudah. Menampilkan tren Search terbaru serta aplikasi dan situs terpopuler di Indonesia, Google Go menghadirkan yang terbaik dari internet ke ujung jari Anda. Selain itu, aplikasi ini membuat menggunakan web semudah menyalakan TV atau mendengarkan radio. Cukup tekan “putar” di situs apa pun, Google Go akan membacakan teksnya, menunjukkan setiap kata secara real-time . Google Go menggunakan AI untuk membantu mengidentifikasi bagian halaman yang harus dibaca dan menghasilkan pengalaman pengguna yang natural dan lancar, bahkan dengan koneksi 2G.

Aplikasi ini sudah diluncurkan di Google Play Store dan akan diinstal di semua perangkat Android Oreo edisi Go. Fitur baru Asisten bertujuan membantu aktivitas sehari-hari. Pengguna di Indonesia sudah menggunakan fitur tersebut untuk saling berkomunikasi, mengikuti jadwal dengan menyetel alarm dan timer serta menghibur diri.

mg3