Edisi 07-12-2018
Tubuh Ideal berkat Makan Sehat dan Olahraga


OLAHRAGAteratur dan menjaga pola makan yang baik menjadi salah satu kunci sukses Nadya Putriani dalam mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tidak hanya terlihat proporsional, perutnya pun tampak kencang dan six pack.

Saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu, Nadya, sapaan akrab pemilik akun Instagram @Nadiaputriani ini, baru saja menyelesaikan aktivitas ngegym - nya. Saat ini setidaknya ada tiga bentuk aktivitas olahraga yang sedang dia tekuni, yaitu zumba, gym exercise , dan lari. Nadya mengaku menekuni olahraga tersebut sejak 2009, didahului dengan melakukan check up dan mengetahui bahwa pembuluh darah dalam tubuhnya tidak sesuai dengan usianya saat itu. “Sejak itulah saya harus mengubah seluruh pola hidup saya. Salah satunya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat,” ungkap Nadya.

Selain rutin berolahraga lari, Nadya sesekali juga melakukan pilates dan yoga. Bahkan, Nadya kini menjadi instruktur zumba di salah satu studio zumba di Jakarta Selatan. Rutin berzumba member dampak cukup besar pada dirinya. “Saya juga bisa mengontrol semuanya agar tetap fit,” ujar ibu satu anak ini. Proses yang dilalui Nadya demi mewujud - kan pola hidup sehat tidaklah mudah. Meski memiliki badan kurus, Nadya mengaku gam - pang lelah dan tidak fokus dalam beraktivitas.

“Saat itu saya memang lebih sering mengon - sumsi makanan manis dan instan,” ujarnya. Namun, setelah menekuni berbagai jenis olahraga, Nadya banyak mendapatkan hasil positif. Salah satunya, dia berhasil membentuk otot perut dalam waktu tiga bulan. Nadya juga mengombinasikan dua olahraga sekaligus, yakni zumba dan muay thai. Olahraga body combat sempat dia jalani sebelum benar-benar menekuni gym exercise . “Saya tetap imbangi dengan pola makan yang baik dan diet ketat. Manfaatnya ternyata banyak, seperti badan menjadi lebih segar dan perut terbentuk jadi six pack ,” ucapnya. Menurut Nadya, berlatih cabang olah raga haruslah sampai ngos-ngosan .

Seperti saat dia meng-hire seorangpersonal trainer untuk membatunya menjalankan program latihan. Bukan tanpa alasan, Nadya menggunakan jasa personal trainer . Hal itu dia lakukan untuk bisa memacu diri menjalankan semua program. Sebagai ibu rumah tangga, Nadya menyadari betul fungsi dan perannya. Dia mengganti latihan muay thai dengan gym exercise . “Karena latihan muay thai lebih memakan waktu dan lama, jadi saya memilih ngegym dan lari,” bebernya. Soal makanan, Nadya juga tidak asal konsumsi. Dia harus menjaga setiap makanan yang masuk, terpenting mesti sehat dan bermanfaat. “Aku selalu memilih asupan rendah karbohidrat, kalori, dan bergizi,” tuturnya.

Nadya juga selalu memperbanyak konsumsi buah-buahan berserat tinggi serta mengutamakan asupan kaya protein hewani dan nabati. Cara memasak bahan-bahan makanan tidak ketinggalan diperhatikan, yaitu tidak meng gu nakan metode goreng, tetapi rebus dan kukus. Untuk memenuhi kebutuhannya, Nadya kerap menyempatkan diri berbelanja sayur dan buah-buahan segar di Supermarket Hero. Alasannya, Hero menawarkan banyak va rian sayur dan buah yang pas untuk menu diet. “Saya biasanya berbelanja di Hero seminggu sekali karena kebetulan dekat rumah. Cuma berjarak lima menit, jadi bisa sambil olahraga lari juga ke sana. Di Hero produknya lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Nadya.

Nadya lantas memberikan tips sederhana untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan perut rata serta otot seksi yang menonjol. Salah satunya apalagi kalau bukan memperbaiki pola makan serta memilih sayur dan buah-buahan segar. “Pertama, pola makan diatur. Konsumsi lebih banyak protein dan kurangi asupan makanan dengan kandungan karbohidrat, kalori, serta gula yang tergolong tinggi. Untuk latihan fisik, biasakan latihan cardio yang dibarengi latihan khusus pembentuk otot perut,” ujarnya.

Aprilia s andyna