Edisi 08-12-2018
Momen Wisuda Ternyata Bisa Jadi Peluang Usaha


KEBAHAGIAAN wisuda ternyata tidak hanya dirasakan oleh mereka para wisudawan, tetapi dirasakan juga oleh para pedagang yang menjual barang-barang khas wisuda.

Itu karena dengan adanya momen ini membuat omzet yang didapat sangat menguntungkan. Jika kamu pernah datang untuk menghadiri sebuah prosesi wisuda, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan banyaknya para pedagang musiman yang menjual barang-barang khas wisuda.

Bahkan, jika kamu jeli melihat kesempatan yang ada, kamu juga bisa mendapat keuntungan dari momen ini loh. Kamu bisa menjalankan usaha sendiri dan pastinya bisa menambah pundipundi keuangan kamu. Kira-kira jenis usaha apa saja sih yang laris manis saat momen wisuda? Check this out!

Buket Bunga

Hampir semua orang yang datang ke lokasi wisuda akan memberikan bunga kepada teman, pacar, maupun kerabat yang menjadi wisudawan. Buketbunga biasanya diberikan sebagai ucapan selamat atas kelulusan seseorang.

Berkat rasa kesukaannya dengan bunga, Jane Octaviani pun menggeluti bisnis ini sejak 2015 silam. “Awalnya suka bantu cari dana dengan jualan bunga di organisasi kampus, terus melihat peluangnya oke juga, bahkan jika ada momen wisuda keuntungan yang didapat bisa sampai 50 persen,” ujarnya.

Buket Snack

Tidak hanya bunga, ternyata makanan ringan pun dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis yang laris manis ketika berlangsungnya proses wisuda. Vicky Valery, salah satu owneryang menjual buket snack,menyebutkan bahwa peluang dari penjualan ini sangatlah besar karena diminati banyak orang.

“Buket snack adalah salah satu bisnis yang mudah untuk dijalankan dan mempunyai peluang yang besar, walaupun sudah banyak pesaing tetapi kita selalu membuat inovasi terbaru demi kualitas dan juga kepuasan pelanggan,” ujar pemilik akun Trownstore_idini. Bahkan, jika ada acara wisuda, kenaikan omzet dari penjualan snack bouquetini bisa mencapai 40 persen loh. Lumayan banget kan guys!

Boneka Wisuda

Menjual boneka wisuda juga dapat kamu lakukan loh guys. Karena ini merupakan bisnis yang paling mudah untuk dijalankan dan keuntungannya pun sangat lumayan. Cukup ditambah dengan topi toga dan selempang gelar, boneka ini pun cukup laris di pasaran.

Fotografer

Kamu punya hobi fotografi? Kenapa enggak coba bisnis yang satu ini, lumayan loh keuntungannya. Seperti yang dilakukan oleh M Robby Arinal Hasan, berkat hobi fotografi yang dimiliki, mahasiswa Jurusan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Institut Pertanian Bogor ini pun berhasil menjajakan keahliannya. “Melihat tingginya peluang minat jasa foto para wisudawan setiap momen wisuda, ditambah hobi fotografi juga, ternyata hasilnya lumayan banget,” tuturnya.

Karikatur

Jika kamu tidak mempunyai bakat untuk merangkai bunga, untuk memanfaatkan momen wisuda kamu juga bisa coba bisnis yang satu ini guys. Okta Herfani yang sudah memulai bisnis karikatur sejak 2016 pun menganggap peluang dari bisnis ini cukup besar. “Karena saya lebih suka bergelut di depan komputer dibandingkan harus merangkai bunga, toh keuntungan yang didapat pun sangat lumayan,” katanya.

Kebaya Wisuda

Di momen wisuda juga ternyata kamu bisa berbisnis menjual kebaya untuk para wisudawati loh guys. Azkia Nastiti yang menjalankan bisnis ini lewat media onlinedan akun Instagram-nya @gradsash berpendapat, “Sejak 2015 memang sudah mulai menjalankan bisnis untuk hadiah wisuda, tetapi sekarang mulai jual kebaya juga karena banyak yang cari dan permintaan pasar juga cukup bagus.” Bisnis pakaian memang enggak ada matinya yaguys.

Pop Up

Pop upjuga bisa menjadi salah satu peluang buat kalian yang mencari penghasilan tambahan nih guys. Pop upitu sendiri adalah gambar atau foto yang dicetak dan dibuat timbul menjadi gambar tiga dimensi. Seperti yang dilakukan oleh Lirih Tites Prining Tyastuti walaupun sibuk dengan perkuliahan, tetapi tetap bisa meluangkan waktu untuk berbisnis dengan bisnis pop upini. “Alhamdulillah semakin hari semakin banyak peminatnya, apalagi jika ada momen wisuda, kenaikan omzetnya bisa mencapai 40 persen,” sebutnya.

Selempang Gelar

Tahukan guyskalau selempang gelar menjadi aksesori populer oleh para wisudawan akhir-akhir ini. Selendang wisuda yang biasa dibanderol mulai dari 50 ribu rupiah ini juga bisa dijadikan buat tambah-tambah sumber keuangan kamu loh. Melihat peluang yang cukup besar, mahasiswi Teknik Sipil Universitas Trisakti ini pun tidak menyianyiakan kesempatan yang ada. “Peluang yang beli sangat besar, bahkan kenaikan omzet ketika ada momen wisuda bisa mencapai 80 persen,” ucap Anggie Velinda Aldini. Wah lumayan banget ya guys.

Makanan dan Minuman

Dalam setiap wisuda pasti orang yang datang untuk menghadiri teman, pacar dan kerabat mereka. Bisnis satu ini juga bisa kamu coba. Ya, menjual makanan dan minuman cukup solutif loh. Karena biasanya keluarga dan teman-teman para wisudawan yang menunggu di luar gedung sampai proses wisuda selesai kelaparan dan kehausan.

MAULANA YUSUF ISKANDAR

GEN SINDO

Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta