Edisi 08-12-2018
Apa Saja Persiapan Jelang Wisuda ?


PERSIAPAN jelang wisuda ini mulai dari penyelesaian administrasi, pendaftaran menjadi calon wisudawan, dan yang pasti harus selesaikan skripsi dahulu.

Mendengar kata wisuda membuat sebagian orang tidak karuan memikirkannya. Ada yang cukup gugup hingga akhirnya lupa apa saja yang harus mereka persiapkan sebelum wisuda.

Untuk pendamping wisuda pun kerap kali diperbincangkan di kalangan mahasiswa sebelum wisuda. Namun, ada hal yang paling terpenting harus kalian perhatikan sebelum wisuda agar momen wisuda kalian tidak pernah terlupakan.

Berikut beberapa tipsnya:

PASTIKAN ADMINISTRASI SUDAH TERSELESAIKAN DI KAMPUS

Saat kamu dinyatakan lulus, bayangan wisuda pasti sudah semakin sering muncul. Tapi sebelum sibuk memikirkan persiapan wisuda, sebaiknya pikirkan dulu administrasinya. Karena sebelum sampai di proses wisuda, ada beberapa administrasi yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Hal ini juga ternyata penting loh, guys! Kamu pasti gakmau kan kalau wisuda kamu malah tertunda karena masalah administrasi belum selesai.

OUTFIT WISUDA

Persiapan selanjutnya adalah outfit saat wisuda. Para wisudawati biasanya mengenakan kebaya atau dress lengkap dengan make-up, tatanan rambut, tas dan sepatunya. Sedangkan para wisudawan lebih simpel dengan mengenakan kemeja, jas, dasi, dan sepatu. Tentukan outfit yang akan dikenakan.

Apakah perlu menjahitnya terlebih dahulu atau menyewa bajunya. Di salon biasanya sudah menyediakan paket wisuda yang sudah termasuk penyewaan baju, make-up, dan tatanan rambut atau hijab. Hal tersebut bisa memudahkan calon wisudawati.

Biasanya para wisudawati lebih ribetkarena banyaknya “printilan” yang diperlukan. Tapi, seharusnya hal tersebut bisa dibawa enjoy. Persiapkan outfit kamu yang terbaik di momen wisuda agar berkesan dan tak terlupakan. Jangan lupa membawa “printilan” seperti tisu, kipas kecil ataupun hal yang harus dibawa lainnya.

KAMERA

Nah untuk sesi foto, biasanya saat wisuda selalu ada yang namanya studio dadakan yang pakai backgrounddan tersedia banyak di dekat gedung upacara wisuda. Maka dari itu, kalian harus persiapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen di hari wisuda. Dimas Alfito, lulusan STAN Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yang baru saja merasakan euforia wisuda pada bulan Oktober lalu.

Ia mengungkapkan rasa senangnya ketika acara wisuda kemarin. “Sebelum wisuda, ritual tertentu sih tidak ada, paling mengadakan syukuran. Hal yang harus dipersiapkan menjelang wisuda, tentunya pertama itu outfit untuk wisuda.

Kemudian tempat penginapan untuk keluarga jika kita anak rantau, transportasi juga harus matang-matang dipersiapkan dan jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan segala momen pada hari itu,” kata Dimas ketika ditanya hal apa saja yang harus dipersiapkan menjelang wisuda.

Dimas mengaku bahwa pendamping wisuda tidak sangat dibutuhkan saat wisuda, karena menurutnya hal yang utama adalah keluarga. Walaupun kita membawa pendamping wisuda, pasti yang pertama kali ditemui selesai wisuda adalah keluarga, terutama orang tua.

Tapi berbeda jika membawa pendamping wisuda yang memang ingin ke jenjang serius. Saat wisuda, Dimas mengalami kejadian unik dan lucu. Karena wisuda akbar, hotel ke tempat wisuda jadi macet total. Uniknya, mereka sekeluarga terpaksa jalan yang jaraknya 3 km ke tempat wisuda.

Ternyata wisudawan yang lainnya juga jalan berbondongbondong ke tempat wisuda tersebut. Kejadian tersebut seperti “pawai wisudawan”, dan itu hal yang mengesankan. “Untuk para calon wisudawan, tetaplah berjuang karena wisuda bukan akhir dari perjuangan.

Melainkan awal perjuangan dari penerapan ilmu dan pengalaman yang telah kita dapat di kampus. Dan untuk yang baru memasuki dunia kampus harus tetap semangat dan ingat rintangan di depan masih berliku dan begitu panjang, yang terpenting bagaimana cara kalian untuk bertahan,” pesannya .

AULIA TRISIA

GEN SINDO

Universitas Negeri Jakarta