Edisi 11-01-2019
Perceraian Jeff Bezos Termahal Sepanjang Sejarah


WASHINGTON - Kabar mengejutkan da tang dari orang paling tajir di dunia. Terlihat sangat harmonis di muka umum, Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie, mengumumkan perceraian mereka.

Dengan kekayaan men capai USD137 miliar (Rp1.928 triliun), perpisahan pasangan yang sudah bersama se la ma 25 tahun ini bakal menjadi yang ter mahal se pan jang sejarah. Bezos, yang merupakan CEO, chairman, pre siden, dan pendiri Amazon.com, adalah orang terkaya di du nia dan merebut gelar itu dari Bill Ga tes pertengahan tahun lalu. Ber da sar kan laporan Bloomberg, kekayaan bersihnya kini mencapai USD137 mi liar. Namun, gelar tersebut teran cam. Pasalnya, aturan di Was hington me nyebutkan keka yaan keluarga me ru pa kan milik suami dan istri. Jika Bezos dan MacKenzie ber ce rai, di atas kertas, Bezos harus mem bagi kekayaannya dengan Mac Ken zie.

Artinya, Bezos harus merelakan USD68,5 miliar (Rp963 triliun) untuk MacKenzie. Namun, peraturan itu da pat tidak ber laku jika Bezos dan Mac Kenzie membuat perjanjian sebelum menikah (prenuptial ). Meski masih proses, per ceraian itu berpotensi menjadi yang termahal di sepanjang masa. Perceraian Bezos seka - lig us akan membuatnya leng - ser dari daftar orang terkaya di dunia. Pendiri Mic ro soft Bill Gates yang memiliki ke ka ya an USD92,5 miliar diprediksi kembali naik ke puncak. Sebaliknya, MacKenzie ber - pe luang menjadi perempuan paling tajir di dunia. Saat ini gelar perempuan ter ka ya di du - nia dipegang Francoise Bettencourt Meyers, cucu dari pen di ri manufaktur kosmetik L’Oreal SA de ngan kekayaan USD45,6 miliar.

Posisi kedua ditempati Alice Wal ton, anak pendiri Wal- Mart Franklin Clarence Mars dengan kekayaan USD43,6 miliar. Disusul Jacqueline Bad - ger Mars, juga cucu Mars, de - ngan kekayaan USD33,3 miliar. Lalu, Susanne Klat ten anak pemilik saham BMW, dengan kekayaan USD19,9 miliar dan Laurene Powell Jobs, mantan istri Steve Jobs. Kelima perempuan terkaya di dunia itu memperoleh hartanya dari warisan orang tua atau mantan suami. Mayoritas dari 66 perempuan terkaya di dunia di Indeks Bloomberg juga demikian. Sekalipun MacKen - zie hanya menerima 1% dari kekayaan Bezos, dia akan tetap masuk peringkat perempuan terkaya versi Indeks Bloom berg.

Perceraian yang paling mahal sebelumnya dipegang miliarder asal Rusia Dmitry Rybo - lovlev menjadi headline , karena dia harus membayar lebih dari USD4,5 miliar terhadap man - tan istrinya. Sementara so sia lita New York, Jocelyn Wil denstein, menerima USD2,5 miliar dari suaminya. Aktor terkenal Hollywood Mel Gibson yang memiliki aset USD850 juta juga harus mem - bagi kekayaannya dengan Robyn Moore pada 2011. Sementara itu, pernikahan anta ra Steven Spielberg dan Amy Irving yang hanya bertahan selama empat tahun dan ber akhir di pengadilan juga men catat gana-gini sebesar USD100 juta. Perceraian bintang basket Michael Jordan dengan Jua ni - ta Jordan pada 2006 juga ter catat memiliki nilai gana-gini USD168 juta. Begitu pun dengan musikus Neil Diamond yang harus membayar USD150 juta pada 1994 setelah ber pisah dengan Marcia Murphey.

Adapun Madonna membayar USD76-92 juta kepada Guy Ritchie pada 2008. Ahli hukum Jennifer Pay - seno yang menangani perce raian kelas atas mengatakan tidak ada formula pasti pembagian aset di dalam konstitusi Washington. Namun, pasangan dari kalangan kelas atas bia sa - nya menyepakati pembagian aset sebelum membawanya ke ha dap an hakim. Rinciannya di - ki rim kepada pengadilan se cara ra ha sia. “Perkiraan saya ialah me re - ka mungkin sudah mene tap - kannya sehingga meng umumkan nya. Angkanya saya kira tidak akan dipublikasikan,” ka - ta Payseno.

Bezos juga me miliki saham sebesar 16% di Amazon, Washington Post , dan Blue Origin. Dari kasus yang lain di Amerika Serikat, tidak semua perceraian berakhir dengan gana-gini. Larry Ellison yang meng - alami beberapa kali perceraian sahamnya tidak berubah di Oracle Corp. Begitu pun de ngan salah satu pendiri Google, Ser - gery Brin setelah berpisah de - ngan Anne Wojciki pada 2015. Namun, sebagian besar kasus harus ditengahi dengan ganagini, bahkan beberapa mantan istri mengajukan tuntutan lagi. Sejauh ini, Bezos atau Amazon.com tidak menge luar - kan pernyataan terkait pem ba - gian aset tersebut, termasuk sa ham sebesar 16%. “Namun, tanpa diragukan lagi, jika ke - dua nya tidak menulis surat per nyataan sebelum menikah, ke kayaannya pasti akan dibagi rata,” kata Karin Lundell dari firma hukum Rower LLC, di kutip Bloomberg.com.

Bezos mengumumkan ren - ca na perceraiannya dengan Mac Kenzie setahun setelah dia menjadi orang terkaya di du nia. Para investor dinilai cemas ka rena khawatir perceraian akan memengaruhi performa Bezos. Namun jika perusahaan terus tumbuh dan menuai untung, dia dinilai akan tetap me mimpin perusahaan tek no logi itu. Apa yang menyebabkan ber - pisahnya pasangan yang memiliki empat anak tersebut masih tanda tanya. Namun, seperti dilansir nypost.com, Bezos telah menjalin hu bung an rahasia dengan Lauren Sanchez, mantan anchor televisi dan istri agen bakat Hollywood Patrick Whi tesell.

Hubungan antara Lauren dan Whitesell dilaporkan sedang tidak har mo nis. Berdasarkan orang de kat Bezos, Mac Kenzie menya dari suaminya berselingkuh sejak lama.

Muh shamil