Edisi 11-01-2019
Novel Baswedan Bongkar Peran dan Bukti Lucas


JAKARTA - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Ko rupsi (KPK) membongkar peran sentral terdakwa sekaligus advokat serta pendiri dan Chai rman kan tor hukum Lucas & Partners, Lucas.

Novel Baswedan dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK sebagai saksi dalam per sidangan terdakwa Lucas di Pengadilan Tipi - kor Jakarta kemarin. Selain Novel, JPU juga meng hadirkan anak Eddy Sin - doro, Michael Sindoro. Per ka ra Lucas yak ni dengan sengaja meng ha lang halangi pe nyi - dikan kasus suap pengurusan beberapa per kara Lippo Group di Peng adilan Negeri Jakarta Pusat dengan tersangka man - tan petinggi sejumlah anak per usahaan Lippo Group se ka - li gus chairman PT Paramount Enterprise International Eddy Sindoro. Menurut Novel, sekitar September 2018, KPK me ne - rima informasi bah wa Eddy Sindoro yang se be lumnya kabur ke luar negeri ternyata su dah dideportasi otoritas Malaysia ke Ind o ne sia.

Tim penyidik lantas turun dan me - ngecek data per lin tas an imi - grasi. Rupanya, data per lin - tasan imigrasi atas nama Eddy Sindoro tidak ditemu kan. Rupanya, dari CCTV ter se - but ditemukan fakta bahwa ada sejumlah pihak yang mem - bantu Eddy Sindoro untuk ke - luar dari Indonesia lagi pada 29 Agustus 2018. “November 2016, kami tahu ada pem bi - caraan Eddy Sin doro dengan terdakwa (Lucas). Dalam salah satu pem bi ca raan, Eddy Sin - doro menga ta kan ingin pulang dan menghadapi proses hu - kum. Terdakwa memberikan ma sukan (ke Eddy) untuk tidak pulang,” ungkap Novel.

Sabir laluhu