Edisi 11-01-2019
Kemudikan Pajero, Pencuri Tabrak Gerbang


TANGERANG - Warga dan pe tugas keamanan setempat ber hasil menggagalkan upaya pen curian di perumahan mewah Cluster Onix, Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kemarin.

Komplotan pelaku mengen da rai Pajero Sport B 1828 RY. Sebelum tertangkap, pelaku yang berjumlah tiga pria dan satu wanita ini sempat me na - brak gerbang perumahan elite tersebut dan mobil warga. Em - pat pelaku yakni Riski Pratama, 29, Abdul, 28, Ono, 28, dan Nuraniati, 20, tampil dengan pakaian rapi. Kanit Reskrim Polsek Ser - pong AKP Budi Rahardjo me - ngatakan ini merupakan aksi kedua mereka di Alam Sutera. Aksi pertama dilakukan dua hari sebelumnya. “Sasarannya rumah mewah yang sedang ditinggal penghuninya,” ucap Budi kemarin. Saat aksi pertama, pelaku wanita yang mengenakan pa - kaian modis turun dari mobil, kemudian langsung masuk gerbang rumah.

Ketika si em - punya rumah tidak menjawab, pintu dibuka dan pelaku lain - nya langsung masuk rumah un - tuk mencuri barang-barang ber harga. Aksi komplotan pe la - ku ini terekam kamera pe - ngawas/CCTV dan mobil pe - laku ditandai sekuriti. “Saat aksinya yang kedua, mobil pelaku sudah dikenali. Ketika mobil masuk pintu ger - bang, langsung ditutup seku - riti. Pelaku belum sempat turun langsung disergap, namun tan - cap gas,” ujar Budi. Pintu gerbang perumahan dari besi tersebut ditabrak, lalu roboh. Pajero Sport melaju me - nuju jalan raya. Karena macet, pelaku melawan arah kemudian menabrak empat mobil di de - pannya.

“Saat mobil berhenti, warga dan sekuriti yang menge - jar langsung menangkap pe - laku. Warga yang emosi sempat memukuli pelaku. Pelaku tidak ada yang membawa senjata api,” katanya. Tak puas memukuli pelaku, warga juga menghancurkan mobil pelaku yang sudah ring - sek akibat menabrak gerbang perumahan. Kasat Reskrim Polres Tang - sel AKP Alexander Yurikho me nuturkan, modus yang di - gu nakan komplotan pelaku de ngan berpura-pura menjadi penghuni rumah di pe ru - mahan me wah tersebut. Me - reka se ngaja membawa Pajero Sport agar tidak dicurigai se - kuriti. “Alhamdulillah peran mas - ya rakat di wilayah hukum Pol - res Tangsel terbukti. Sore ini di perumahan Alam Sutera, se ku - riti berhasil mengidentifikasi empat pelaku yang sedang me - lakukan pencurian rumah,” ucapnya.

Para pelaku nekat kembali mencuri di kawasan pe ru mah - an yang sama karena aksinya yang pertama tidak maksimal sehingga dua hari kemudian mereka kembali ke wilayah sama. “Yang pertama mereka sudah pernah ambil decoder CCTV dan beberapa barang. Yang ini mereka baru akan me n - curi, namun kepergok mas ya - rakat. Pelaku sudah dibawa ke polres untuk diperiksa,” kata Alexander.

Hasan kurniawan