Edisi 11-01-2019
Persiwa Jadi Ujian Pertama Radovic


JAKARTA– Target tinggi dipatok Miljan Radovic pada musim pertama bersama Persib Bandung. Pelatih asal Montenegro itu bertekad mengembalikan pamor Maung Bandungsebagai tim pesaing gelar juara.

Dia membidik posisi minimal empat besar klasemen akhir Liga 1/2019. Pertaruhan memang tengah dilakukan manajemen Persib dengan menunjuk Ra do - vic sebagai pengganti Mario Go mez. Pangeran Biruakan men jadi tim profesional per-ta - ma yang akan ditangani pria ber usia 43 tahun itu. Ditilik dari rekam jejaknya, Radovic per nah menangani tim sepak bola asal Montenegro OFK Grbalj, namun sebagai asisten pelatih. Setelah itu, musim lalu dia ditunjuk sebagai direktur teknik sekaligus direktur akademi Persib. Meski rekam jejaknya kurang mentereng, manajemen Maung Bandung - yakin jika pemegang lisensi UEFA A itu sosok yang tepat untuk menangani Supardi Nasir dkk.

Kepribadian, skill, dan metode penanganannya dinilai tepat untuk Persib. “Saya tahu target musim ini adalah empat besar. Tapi, saya akan bicara sama pemain dan manajemen agar bisa menjadi juara musim ini. Saya serius untuk itu semua,” katanya. Radovic memang bukan sosok asing bagi publik Ban - dung. Pada musim 2011/2012, dia memper kuat Pangeran Bi - rudan ber main 47 kali dengan sum-bang an 17 gol. Musim be - ri kutnya, dia kemudian be rseragam Pelita Bandung Raya. Radovic akan menjalani ujian pertama pada babak 32 besar Piala Indonesia. Persiwa Wamena akan menjajal kemampuan manajerial pelatih asal Montenegro itu.

Radovic bertekad membawa Maung Bandungberprestasi di tur na - men yang menjadi tiket tampil di Piala AFC 2020 tersebut. “Setiap kompetisi atau turnamen, kami pasti sudah punya rencana sebelumnya. Sudah ada list pemain juga. Tapi, saya belum bisa bicarakan untuk sekarang. Nanti kita akan lihat,” ujarnya. Meski persiapan tim cukup mepet, Radovic optimistis mam pu melewati debut seba - gai pelatih dengan mulus. Ala - san nya, dia sudah memantau pemain Persib sejak jauh hari. Dia menyatakan pihaknya masih menunggu jadwal babak 32 besar yang rencananya bergulir 22 Januari mendatang.

Sebagai persiapan, pihaknya akan segera menggelar latihan perdana dan pertemuan dengan pemain awal pekan depan, termasuk menentukan asisten pelatih yang akan mendampinginya. Persib mulai membangun ulang kekuatan tim dengan merekrut dua pemain baru, yakni Esteban Viscara dan Srdan Lopicic. Kendati sudah berumur, keduanya dinilai cocok dengan karakter tim dan filosofi yang diusung Radovic. Viscara yang notabene mantan pemain Sriwijaya FC dan Arema saat ini sudah berusia 34 tahun.

Sementara Lopicic yang sebelumnya membela Borneo FC sudah berusia 35 tahun. Meski demikian, kehadiran keduanya dinilai akan meningkatkan daya serang Per sib yang musim lalu ber - tum pu kepada Ezechiel Ndouassel. “Sepak bola tentang kua - litas, pemain bagus atau tidak. Jadi, jangan berbicara tentang usia, karena saya bergabung dengan Persib juga sudah tidak muda. Mereka pemain bagus dan profesional,” tandas Radovic.

Abriandi





Berita Lainnya...