Edisi 11-01-2019
Konsep Belanja Offline ala Online


PARAperitel nasional terus melakukan inovasi program belanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan. Salah satunya dilakukan SOGO yang menghadirkan sensasi belanja offline ala online .

Suasana Gerai SOGO di beberapa mal Ibu Kota, seperti Plaza Senayan, Pondok Indah Mall 2, dan Central Park, terlihat ramai pengunjung. Program diskon yang masih berlangsung di gerai ritel itu berhasil menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan berbelanja. “Kami berhasil mencapai pertumbuhan dua digit selama 2018 dengan inovasi yang kami lakukan,” ujar Presdir PT Panen Lestari Internusa (PLI) Handaka Santosa kepada KORAN SINDO beberapa waktu lalu. Handaka mengatakan, suasana SOGO dibuat nyaman dengan hadirnya beragam tenant baru.

Konsep belanja offline ala online yang dilakukan SOGO membuat konsumen bisa berbelanja secara online tapi pengambilan produk yang dibeli bisa dilakukan di gerai fisik SOGO. “Potensi ritel dalam negeri sangat besar. Apalagi untuk barang dengan harga jutaan, konsumen masih lebih percaya membeli di gerai ritel,” ucapnya. Namun, Handaka mengakui, masih ada tantangan yang dihadapi peritel nasional. Salah satunya masalah tax refund yang diberikan kepada konsumen luar negeri atau wisatawan asing. “Di Singapura dan Malaysia, tax refund lebih besar. Ini salah satu tantangan ritel nasional dan butuh dukungan pemerintah,” katanya. Handaka optimistis tahun ini pasar ritel nasional akan tumbuh pesat.

Alasannya, selain program diskon yang digelar hampir sepanjang tahun oleh peritel nasional, nilai tukar terhadap dolar AS yang masih tinggi pun membuat harga barang di luar negeri menjadi mahal. “Sekarang harga di dalam negeri lebih murah, apalagi saat ada program diskon, jadi lebih murah. Selain itu, dengan berbelanja di dalam negeri, masyarakat membantu pemerintah untuk menggerakkan perekonomian nasional,” tuturnya. Saat ini SOGO Department Store memiliki gerai yang tersebar di delapan kota besar, yaitu Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, dan Samarinda. Beragam produk fashion dihadirkan, termasuk brand-brand dari desainer nasional.

Koleksi busana wanita dari Studio 133 Biyan, Ria Miranda, Denny Wirawan, Hikmat, dan Luire by Raden Sirait juga dihadirkan di SOGO. Untuk koleksi kosmetik, SOGO Department Store menghadirkan brand internasional seperti Dior, Lancome, YSL, Anna Sui container box, Nuxe, Clarins. Juga ada produk fragrance seperti Bvlgari, Hermes, dan Penhaligons yang akan melengkapi kebutuhan wanita. Berbagai keperluan rumah tangga juga akan melengkapi kebutuhan keluarga. SOGO Department Store selalu memberikan program menarik dan spesial untuk produk-produk rumah tangga. SOGO memiliki gerai terbesar di Central Park Mall Jakarta dan Tunjungan Plaza Surabaya.

Sementara SOGO Plaza Senayan merupakan flagship store gerai ritel terbesar di Indonesia itu. Didirikan pada 1999, SOGO Plaza Se - nayan adalah flagship store SOGO Depart - ment Stores di Indonesia. “Kami meng apre - siasi para pelanggan setia yang telah mem - bantu mempertahankan eksistensi SOGO hingga saat ini. Kami berterima kasih ke - pada para pelanggan setia SOGO yang telah menjangkau tiga generasi. Para pelanggan setia tersebut selalu menjadikan SOGO sebagai destinasi berbelanja dan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau kerabat,” ungkap Handaka.

Karena itu, pihaknya selalu menekankan bahwa sangat penting untuk memberikan servis terbaik kepada para pelanggan setia. Ke depannya, SOGO Plaza Senayan akan senantiasa memberikan kejutan menarik yang akan memanjakan pelanggan setianya melalui rangkaian promo dan koleksi cosmetics and fragrance, ladies goods, ladieswear, menswear, kids , dan home yang semakin lengkap dan diminati masyarakat. SOGO Department Store sebagai pionir ritel modern di Indonesia menyediakan berbagai kebutuhan, seperti kosmetik dan parfum, pakaian pria dan sepatu, pakaian wanita dan tas, perlengkapan rumah tangga, serta aksesori dan pakaian anakanak.

Untuk melengkapi konsep sebagai one stop shopping destination, SOGO Department Store juga dilengkapi salon, nail arts, barbershop, servis. Selain itu pelanggan setia dapat menikmati food and beverage dari berbagai gerai, seperti Starbucks Coffee, Genki Sushi, Chatter Box, UNION, The Foodhall.

Anton c