Edisi 12-01-2019
Dimulai Dari Disiplin Diri Sendiri


MANUSIA harus lebih bijaksana dalam membuat keputusan. Keputusan yang tergesa-gesa dan tidak mempertimbangkan kebaikan baik untuk diri sendiri dan lingkungan membuat lingkungan kita kondisinya sekarang ini jauh dari ideal.

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang dilakukan tanpa sadar merusak lingkungan kita. Misalnya penggunaan plastik berlebihan. Padahal, ada alternatif bahan lain yang lebih ramah lingkungan (mudah dilebur). Hal ini harus dimulai dari disiplin diri sendiri dan kemudian dengan lingkungan terkecil hingga lingkungan terbesar.

Di Hari Lingkungan ini, harapan saya, anak muda sadar betul dan paham apa dampak dari rusaknya lingkungan. Kesadaran ini penting untuk kemudian melakukan aksi langsung.


Tiga Elemen yang Harus Bersinergi

BUAT saya, cara memaknai Hari Lingkungan Hidup dengan kita berkaca pada diri sendiri dulu. Apa saja sih yang sudah kita berikan terhadap lingkungan? Seberapa besar hal positif yang kita berikan terhadap alam dan lingkungan? Dan ketika diri kita sendiri sudah menyadari betul, kemudian mulailah kita menghargai alam dan lingkungan ini dengan cara melakukan hal-hal yang tidak merusak lingkungan.

Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, belajar mengolah sampah menjadi hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Saya banyak belajar sendiri di rumah melalui internet untuk melakukan hal-hal yang mungkin sifatnya kecil sekali tapi mudah-mudahan kalau banyak yang melakukan, ini akan menjadi sebuah gerakan yang sangat positif untuk alam dan lingkungan.

Terkait kebiasaan sehari-hari yang ketika dilakukan tanpa sadar merusak lingkungan, saya melihat dari diri saya sendiri saja dulu deh. Penggunaan sedotan, minuman botol plastik/kaleng dan kaca, plastik kresek, masih cukup sering dilakukan.

Solusi terbaik yang pertama paling penting, kita menyadari dulu. Setelah kita sadar, baru mulailah kita berbuat sesuatu. Setidaknya dimulai dari diri kita sendiri dulu dan orang-orang terdekat kita .

Apa saja yang harus dilakukan bisa mendapatkan informasinya dari internet atau ke lembagalembaga sosial yang memang memfokuskan terhadap alam dan lingkungan. Tapi selain itu yang paling penting adalah tiga elemen ini juga harus saling bersinergi.

Pertama, kita sebagai pengguna/konsumen.

Kedua, perusahaan atau korporasi sebagai produsen yang menciptakan/menjual barang.

Lalu pemerintah yang membuat kebijakan dan regulasi. Harapannya bahwa kita sama-sama sadar bahwa ini tugas kita bersama sebagai makhluk hidup yang menghuni bumi ini dan saya berharap kita bisa sama-sama membuat bumi kita ini menjadi lebih baik lagi, yang bertujuan dan bermanfaat untuk anak cucu kita nanti yang meneruskan hidup di bumi ini agar tetap lestari, kualitas udaranya bagus, dan sehat.

Juga, saya sarankan untuk terus belajar dan mau mencari tahu informasi juga paling penting. Jangan merasa diri kita pintar sendiri dan selalu merasa sudah melakukan yang terbaik untuk alam dan Lingkungan. Alam dan lingkungan butuh kita. Sebaliknya pun kita membutuhkan alam.

MUHAMMAD AWALDI RAHMAN

GEN SINDO

Universitas Padjadjaran