Edisi 12-01-2019
KPK Segera Eksekusi Rp86,19 Miliar


JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan eksekusi atas pidana uang denda dan uang pengganti dengan total Rp86,19 miliar setelah putusan terpidana PT Nusa Konstruksi Enjinering (NKE) Tbk berkekuatan hukum tetap.

Juru Bicara KPK Febri Dian - syah mengatakan, putusan per - kara korupsi atas nama kor po - rasi PT Nusa Konstruksi Enji - nering (NKE) Tbk yang sebe - lumnya bernama PT Duta Gra - ha Indah (DGI) Tbk sudah ber - ke kuatan hukum tetap (in - kracht) terhitung sejak Jumat (11/1).

Dengan demikian status hukumnya menjadi terpidana. Putusan inkracht karena sebelumnya PT NKE Tbk melalui Direktur Utama PT NKE Tbk Djoko Eko Suprastowo telah le - bih dulu menyatakan mene ri - ma putusan dan Jumat (11/1) KPK pun menyatakan mene ri - ma putusan. Dengan putusan ini, lang - kah selanjutnya adalah KPK me - lalui jaksa eksekutor akan me - lakukan eksekusi atas putusan pidana denda Rp700 juta dan pi - dana tambahan uang peng ganti Rp85.490.234.763,93.

Febri menjelaskan, sebenar - nya bila merujuk pada putusan yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, PT NKE Tbk memiliki batas waktu satu bulan setelah putusan in - kracht untuk melakukan pem - ba yaran uang denda dan uang pengganti.

“Nilai uang den da dan uang pengganti tersebut akan kami eksekusi segera pada PT NKE Tbk. Dan akan lebih baik jika PT NKE Tbk ber inisi atif untuk segera membayarkan uang peng - ganti tersebut pada kas negara melalui KPK.

Selain itu sebe - lumnya PT NKE Tbk telah menitipkan uang sebesar Rp35.732.332.179,07 saat proses penyidikan sehing ga uang ini juga akan dilakukan ekse kusi,” ungkap Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, tadi malam. Bila dihitung uang den da, uang pengganti, dan uang yang sudah disetor kan di tahap penyidikan terse but, totalnya ada lah Rp121.922.566.493.

Uang ini - lah yang akan menjadi pema suk - an kas negara dari hasil ek se kusi. Karenanya KPK berha rap, putusan ini menjadi pem be la - jaran penting bagi kor po rasi lain agar tidak melakukan ko - rup si, baik korupsi dalam pro - yek-proyek pemerintah, suap da lam proses perizinan atau - pun suap terkait kewe nang an pe nyelenggara negara lain.

Putusan ini juga sangat pen ting arti nya bagi para pela ku usaha agar membangun ling kungan pengendalian atau pen cegahan korupsi di perusahaan masingmasing. Soe silo Aribowo selaku ketua tim kuasa hukum PT NKE Tbk me nyatakan, sejak putusan dibacakan, pihaknya telah menerima.

Dia menggariskan, pihaknya berkomitmen penuh sege ra mem bayar uang denda mau pun uang pengganti. Sejak awal per usahaan telah bersikap koope ra tif dengan misalnya me ngem balikan total Rp35.732.332.179,07 saat kasus ini masih dalam ta hap penyidikan di KPK.

sabir laluhu