Edisi 12-01-2019
Popovich Raih Rekor Kemenangan Terbanyak


SAN ANTONIO – Pelatih San Antonio Spurs Gregg Popovich mencatatkan kemenangan ke- 1.222 sepanjang kariernya di NBA.

Kesuksesannya itu usai membantu Spurs mengalahkan Oklahoma City Thunder 154-147 di AT&TCenter kemarin. Popovich mengakui tidak mudah untuk mendapatkan kemenangan pada laga itu.

Buktinya, Spurs membutuh - kan dua overtime(babak tambahan) untuk mengalahkan Thunder yang pertama pada babak reguler NBA musim. Namun, pelatih berusia 69 tahun ini mengaku cukup senang degan perjuangan para pemainnya.

Bukan hanya itu, jumlah kemenangan itu menjadi yang terbanyak ketiga yang di torehkan kepala pelatih sepanjang sejarah NBA. Menariknya, Popovich mencatatkan kemenangan itu dengan hanya bersama Spurs.

Dengan begitu, dia hanya kalah dari dua legenda pelatih NBA, Don Nelson (1.335) dan Lenny Wilkens (1.333). Popovich juga harus berterima kasih kepada LaMarcus Aldridge yang tampil sebagai bintang di laga tersebut. Pebasket berusia 33 tahun ini mencetak 54 poin selama 49 menit bermain.

Angka tersebut menjadi pencapaian tertinggi sepanjang kariernya dan yang tertinggi ketiga sepanjang sejarah Spurs. Selain itu, dia merupakan pemain Spurs pertama yang mampu mencetak setidaknya 50 poin sejak Tony Parker terakhir melakukannya pada 2008.

“Dia sudah menjadi binatang buas sepanjang tahun ini,” kata Popovich dilansir sportyahoo. “Dia berada di kedua ujung lantai. Dia melakukannya tahun lalu dan dia melakukannya tahun ini juga. Dia luar biasa. Jelas, dia mengalami malam yang menyenangkan,” sambungnya.

Selain Aldridge, Spurs juga terbantu dengan Derrick White yang mengemas 23 poin. Sementara DeMar DeRozan sukses menciptakan doubledoubledengan 16 poin dan 11 assist. Begitu juga dengan Bryn Forbes menjadi pemain terakhir di starter yang mencetak dua digit poin dengan mengumpulkan 14 poin plus 8 rebound.

Bukan hanya pemain starternya, barisan cadangan Spurs juga tampil istimewa. Marco Belinelli mengemas 19 poin, Patty Mills menyusul dengan 14 poin, serta Davis Bertans melengkapi daftar dengan 12 poin.

Total 154 poin yang diciptakan Spurs merupakan yang tertinggi keenam sepanjang sejarah tim dan merupakan yang terbanyak sejak 1990. Rekor tertinggi Spurs dalam satu laga adalah 171 poin yang terjadi pada 1982.

Angka istimewa juga didapat Spurs setelah 16 tembakan dari 19 three pointmereka menemui sasaran (82%). Akurasi itu merupakan yang tertinggi dalam satu laga di mana tim setidaknya melepaskan 10 percobaan three point. Dari kubu Thunder, Paul George memimpin daftar dengan 30 poin.

Jerami Grant mencatatkan raihan poin tertingginya sepanjang karier dengan double-double25 poin dan 12 rebound. Begitu juga dengan Russell Westbrook yang mencatatkan triple doubleke-13 musim ini usai mencetak 24 poin, 13 rebound, dan 24 assist. Sayangnya, usahanya itu tak cukup menghindarkan timnya dari kekalahan ketiga secara beruntun.

raikhul amar

Berita Lainnya...