Edisi 12-01-2019
Skuad Garuda Muda Jajaki Lawan China


JAKARTA – PSSI tengah menjajaki kemungkinan menggelar laga uji coba internasional bagi tim nasional Indonesia U-22.

Salah satu yang tengah intens didekati yakni China. Diharapkan, Negeri Tirai Bambu itu bersedia menjadi lawan tanding untuk mempersiapkan skuad Garuda Muda menghadapi Piala AFF U-22. Persiapan skuad Garuda Muda menghadapi pesta sepak bola negara ASEAN tersebut memang tidak banyak.

Kick-off rencananya dimulai pada 17 Februari mendatang, di mana timnas bergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura, dan tuan rumah Kamboja. Timnas sejauh ini masih dalam tahap seleksi untuk mencari 40 pemain yang akan didaftarkan ke AFF.

Jumlah ini kemudian akan dikerucut - kan menjadi 23 pemain yang menjadi skuad inti timnas Indonesia di Piala AFF U-22. Sebelum tampil pada ajang tersebut, pelatih Indra Sjafri mengagendakan empat kali uji coba. Masing-masing tiga me - la wan klub Liga 1 dan melawan timnas negara lain.

Hasil uji coba ini akan menjadi ajang evaluasi terutama target skuad Garuda Muda di Piala AFF. “Kami sedang berkomunikasi dengan federasi sepak bola China untuk menjajaki kemungkinan menggelar laga uji coba.

Sekarang fokusnya apakah timnas kita yang bertandang ke sana atau mereka yang datang dan berlaga di sini,” ujar Ratu Tisha di Jakarta. Menurut dia, pemilihan lawan tak lepas dari perminta - an pelatih Indra Sjafri yang ingin menghadapi China atau selevelnya serta satu klub Indonesia dalam laga persahabatan sebelum berangkat ke Kamboja.

“Untuk lawan dari klub, kami pastinya menargetkan untuk menghadapi dari tim Liga 1. Kami berharap klub itu nantinya menurunkan para pemain terbaik agar kemam - puan timnas U-22 Indonesia semakin meningkat,” tutur Ratu Tisha.

Untuk mempersiapkan tim menghadapi Piala AFF, pelatih Indra Sjafri masih menyeleksi 34 pemain dalam training centreyang sudah memasuki hari kelima. Rencananya, hari ini akan dilakukan pencoretan pemain yang dinilai tidak layak memperkuat skuad Garuda Muda.

“Kami mencari model per - mainan yang diinginkan dan mencari pemain-pemain yang memang tepat untuk mene rap - kannya dalam pertandingan. Kami sudah melihat pada hari pertama hingga ketiga seperti apa grup taktikal yang kami buat,” jelasnya.

Mantan pelatih Bali United itu mengungkapkan, saat ini dirinya masih mencari skema permainan yang tepat untuk diterapkan di timnas. Karena itu, dia berharap para pemain - nya dapat menjalankan instruksi pelatih dengan baik. “Kami ingin melihat ke - mampuan mereka dan dasar mereka mengenai rencana per - mainan yang akan kami main - kan.

Jadi, kami memulai latih - an dengan taktikal,” kata Indra. Seleksi timnas ini tidak hanya untuk persiapan Piala AFF. Sebaliknya, skuad Garuda Muda diproyeksikan tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 pada Maret di Vietnam dan tampil pada SEA Games 2019 Filipina, Desember mendatang.

abrian

Berita Lainnya...