Edisi 13-01-2019
Jokowi Ingatkan Jangan Sembarangan Pilih Pemimpin


JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara deklarasi dukungan alumni Universitas Indonesia (UI) dengan cara berbeda.

Dia mengendarai sepeda bambu karya alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengenakan helm dan kemeja putih yang dipadukan dengan celana jeans berwarna biru. Dalam sambutannya Jokowi menyatakan tidak boleh sembarang pilih orang, apalagi orang yang coba-coba dalam memimpin Indonesia.

Terlebih orang itu belum memiliki pengalaman dalam memimpin. “Jangan coba-coba, karena itu butuh pemimpin berpengalaman,” ujar Jokowi dalam sambutannya pada acara deklarasi dukungan alumni UI untuk Jokowi-Ma’ruf di Plaza Tenggara GBK, Jakarta Selatan, kemarin.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, untuk menjadi pemimpin seseorang itu harus memiliki pengalaman lebih. Dia pun menceritakan kisahnya dari dunia usaha lalu berhijrah ke pemerintahan, yaitu menjadi wali kota Solo.

“Saya ingin cerita sedikit soal pengalaman karena yang namanya memimpin harus punya pengalaman. Saya terkaget-kaget di awal, mulai masuk dari dunia usaha ke pemerintahan. Setelah itu saya belajar, karena itu butuh pengalaman,” ucap Jokowi.

Bapak dari tiga anak itu menuturkan, dunia usaha dan pemerintahan memiliki perbedaan yang sangat nyata. Oleh karena itu untuk memimpin Indonesia dibutuhkan pengalaman yang tinggi. “Berbeda mengurus bisnis dengan pemerintahan.

Manajemen birokrasi dan pemerintah itu sangat beda sekali,” katanya. Jokowi hadir ditemani Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Pramono Anung, Budi Karya Sumadi, dan beberapa tokoh dari gerakan alumni UI ini.

Terpantau juga ribuan orang memadati area Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan, untuk mengikuti deklarasi dukungan kepada pasangan caprescawapres Jokowi-Ma’ruf. Ribuan orang yang hadir itu terdiri atas alumni UI dari berbagai angkatan yang kompak mengenakan pakaian kuning bertuliskan “ Weare Alumni UI for Jokowi “ .

Selain alumni UI, acara tersebut juga diramaikan berbagai kelompok dari relawan perguruan tinggi lain. Ada juga relawan pendukung pasangan capres-cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Kerja (KIK) ini.

sindonews