Edisi 13-01-2019
Konsep Mobil dan Robot Hyundai


Perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai, telah memperkenalkan jenis kendaraan baru yang mereka ciptakan.

Konsep yang diambil untuk kendaraan ini adalah mobil dan robot, yang mampu bergerak lebih fleksibel dalam menjangkau medan sulit dan berbahaya.Setiap tahun, pameran mobil selalu diadakan di berbagai negara.

Konsep dan model mobil selalu diperbarui untuk menarik minat pembeli. Berbagai perusahaan automotif mengeluarkan jenis-jenis mobil terbaru yang mereka miliki. Persaingan semakin ketat seiring munculnya konsep kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan kendaraan autonomus.

Kali ini, Hyundai memperkenalkan jenis kendaraan lain daripada yang lain. Kendaraan ini mengusung konsep mobil dan robot, yang dapat berjalan di segala medan. Perusahaan mengungkapkan bahwa konsep elevate (tinggi) merupakan langkah radikal, dalam konsep kendaraan roda 4.

Kendaraan off-roader utama yang diklaim dapat berjalan di segala medan, tidak mampu menandingi produk asal Korea Selatan ini. Dalam event Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas, mereka memamerkan kendaraan yang ditujukan untuk responden pertama.

Tujuan pembuatan mesin ini pun dijelaskan secara detail oleh manajer perusahaan. Hyundai berpendapat bahwa responden pertama cenderung menjadi pelanggan pertama kendaraan. Artinya, responden hanya memiliki ketertarikan pada sesuatu yang diinginkan.

Selain bergerak menggunakan roda kendaraan, mesin ini mampu berjalan layaknya robot berkaki. Mode berjalan pada medan berat akan mematikan fungsi roda agar tetap diam, tidak berputar. Kendaraan ini disebut Hyundai Elevate. Kaki-kaki pada kendaraan dapat memanjang, memendek, dan berputar secara fleksibel.

Desainnya menyerupai alat pejalan kaki All Terrain Armored Transportation (AT-AT) yang ditemukan di alam semesta Star Wars, dengan menggabungkan roda tradisional dan kaki yang terbuka untuk medan berbahaya.

Ia bahkan bisa menaiki tangga untuk mengambil penumpang di atas kursi roda, yang memungkinkan mereka untuk masuk. Kaki yang dimiliki masih dapat menjangkau ketinggian rumah pada umumnya. “Orang yang hidup dengan cacat fisik di seluruh dunia, yang tidak memiliki akses ke jalan.

Anda dapat memuji Hyundai Elevate yang otonom, yang bisa berjalan ke pintu depan mereka, meratakannya sendiri, dan membiarkan kursi roda mereka terguling masuk,” kata John Suh, Wakil Presiden dan Kepala Hyundai CRADLE, dikutip dari dailymail.

Tidak hanya itu, tujuan utama mesin ini adalah misi penyelamatan dari bencana. Hampir sebagian besar alat berat atau alat transportasi lain tidak mampu berada di titik utama bencana. “Ketika tsunami atau gempa bumi melanda, kendaraan penyelamat saat ini hanya dapat mengirimkan responden pertama ke tepi ladang puing,” tambah Suh.

Untuk dapat mencapai titik utama kejadian, relawan harus berjalan kaki. Walaupun begitu, tidak sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk menolong korban bencana. “Hyundai Elevate dapat mengemudi dan berjalan ke tempat kejadian, serta memanjat tepat di atas puing-puing banjir atau beton yang hancur,” ucap Wakil Presiden Hyundai.

Suh mengklaim bahwa teknologi yang diciptakan Hyundai untuk melampaui situasi darurat. Banyak hal yang dapat dilakukan mesin ini, kemungkinannya tidak terbatas. “Elevate adalah ultimate mobility vehicle (UMV) pertama, teknologi campuran yang ditemukan pada mobil listrik dan robot, yang memungkinkannya melintasi medan di luar keterbatasan bahkan kendaraan off-road yang berkemampuan paling tinggi sekalipun,” kata Hyundai.

Konsep elevate didasarkan pada platform kendaraan elektrik (EV) modular dengan kemampuan untuk beralih pada tubuh yang berbeda, untuk situasi tertentu. Arsitektur kaki robot memiliki lima derajat kebebasan, plus motor penggerak hub roda. Teknologi aktuator listrik terbaru mengaktifkan pergerakan mesin.

Desain ini memiliki kemampuan unik, baik untuk berjalan maupun mamalia bahkan reptil. Fleksibilitas kerangka mesin memungkin kannya bergerak ke segala arah. Kaki-kaki juga melipat ke dalam mode drive yang tersimpan, dimana daya ke sambungan terputus.

Selain itu, penggunaan sistem suspensi pasif sudah terintegrasi sehingga memaksimalkan efisiensi baterai. Ini memungkinkan Elevate dapat mengemudi dengan kecepatan tertentu di jalan raya, sama seperti kendaraan lain.

Kelebihan dari mesin ini adalah dapat memanjat tembok setinggi lima kaki, melewati celah lima kaki, berjalan di atas medan yang beragam, dan mencapai lebar lintasan selebar 15 kaki. Setiap pergerakan Hyundai Elevate tetap menjaga keseimbangannya sen diri dan penumpang agar tetap sejajar.

Lebih lanjut, kombinasi gerak roda dengan kaki pengartikulasi memberikan paradigma mobilitas baru. Kemungkinannya adalah kecepatan berjalan lebih cepat, postur mengemudi dinamis yang unik, dan kontrol torsi di ujung setiap kaki.

“Dengan menggabungkan kekuatan robotika dan teknologi EV terbaru Hyundai, Elevate memiliki kemampuan untuk membawa orang ke tempat yang be lum pernah dilalui mobil se be lum nya dan mendefinisikan kem bali persepsi kita tentang ke bebasan berkendara,” kata David Byron, manajer desain, Sun dberg-Ferar.

Dia membayangkan jika ada mobil yang terdampar di parit salju, yang jaraknya hanya 10 kaki dari jalan raya. Setidaknya, butuh peralatan yang mampu mendorong atau menarik mobil dari jeratan parit tersebut. “Kembali ke jalan berpotensi menyelamatkan penumpangnya yang terluka, ini adalah masa depan mobilitas kendaraan,” tambahnya.

fandy