Edisi 13-01-2019
Cukup Satu Duel Lagi, Setelah Itu Pacquiao Pensiun


MANILA- Jinkee Pacquiao, istri Manny Pacquiao, mengatakan sang suami diperbolehkan melakoni satu duel laga seusai menghadapi Adrien Broner pada Sabtu (19/1) di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

Setelah itu, Jinkee melarang Pacquiao naik ring. Artinya, legendaris tinju Filipina itu harus pensiun. “Kadang-kadang, kita berbicara tentang pensiun karena tinju adalah pekerjaan yang sulit bagi kita berdua,” kata Jinkee yang memiliki 5 anak hasil perkawinannya dengan Pacquiao, dilansir Boxing Scane.

“Jika dia menang lawan Broner, mungkin satu pertarungan lagi saja. Saya berdoa untuk itu,” tambah Jinkee. Pacquiao memasuki usia 40 tahun, tetapi ia menghasilkan penampilan yang paling mengesankan dalam beberapa tahun terakhir.

Pukulan kerasnya merobohkan Lucas Matthysse tiga kali dan menghentikan juara Argentina itu pada ronde ketujuh pada pertarungan 15 Juli di Kuala Lumpur, Malaysia. Pacquiao (60-7-2, 39 KO) akan mempertahankan gelar kelas welter WBA versus Broner (33-3-1, 24 KO) pada 19 Januari di MGM Grand Garden Arena.

Dia berharap dapat mengalahkan Broner sehingga dapat menantang salah satu dari tiga juara kelas welter seperti Al Haymon, Shawn Porter, Errol Spence Jr atau Keith Thurman. Menanggapi keinginan sang istri untuk segera pensiun, Pacquiao mengatakan, ketika waktu itu tiba, maka dia akan tahu.

“Untuk saat ini, aku mendengarkan tubuhku, bukan ke pikiranku. Selain itu, saya menikmatinya, saya tidak merasa seperti 40 tahun,” ujar Pacquiao. Lantas, setelah pensiun, apa yang akan dilakukan Pacquioa? Menurut beberapa sumber, Pacquiao kemungkinan besar akan berkampanye untuk menjadi presiden Filipina.

Saat ini dia telah menjalani karier politik sebagai senator sejak Mei 2016 lalu. Sementara itu, Pacquiao mengaku tidak memiliki masalah apa pun dengan mantan promotor Bob Arum. SuperstarFilipina itu mengatakan menghargai Arum dan semua yang bekerja untuk perusahaan Arum, Top Rank Inc.

Menurut Pacquiao, mereka tidak memiliki masalah keuangan atau masalah lain untuk diselesaikan. “Kami tidak memiliki masalah dengan Bob Arum,” kata Pacquiao. “Aku sangat berterima kasih kepadanya.

Karena dia banyak membantu saya dalam berkarier di Amerika. Dan saya tidak punya masalah dengan Bob Arum. Saya benar-benar bersyukur dalam hidup saya bahwa Tuhan menggunakan dia untuk membantu saya di Amerika Serikat. Jadi, saya berterima kasih kepadanya,” sebut Pacquiao.

Arum mempromosikan Pacquiao selama lebih dari 13 tahun dan membantu Pacquiao mendapatkan ratusan juta dolar. Pacquiao memutuskan hubungan dengan Arum, setelah duel kontroversial versus Jeff Horn.

Pacquiao kemudian memutuskan untuk bergabung dengan salah satu saingan Arum, Al Haymon, dengan menandatangani kontrak untuk bertarung secara eksklusif di bawah panji Champions Boxing Premier Haymon.

Haymon memiliki penawaran konten eksklusif dengan FOXdan Showtime, serta sekarang bertanggung jawab untuk mengatur duel Pacquiao. Haymon juga bekerja sama dengan juara kelas welter Shawn Porter, Errol Spence Jr, dan Keith Thurman, yang akan memberi Pacquiao banyak opsi menguntungkan jika ia mengalahkan Broner pada 19 Januari mendatang.

“Saya bekerja dengan Al Haymon, berkonsultasi dengannya untuk kesempatan besar. Ini juga akan bermanfaat bagi petinju Filipina,” kata Pacquiao. “Kamu tahu ini peluang besar bagi mereka,” ucap Pacquioa.

sazili mustofa

Berita Lainnya...