Edisi 13-01-2019
Kesempatan Relaksasi


BARCELONA– Kesempatan Barcelona bangkit sangat terbuka lebar saat menghadapi Eibar di Camp Nou, dini hari nanti.

Eibar adalah tim yang belum pernah bisa mengalahkan Barca sejak mereka bermain di Primera Liga. Barca mengalami luka setelah kalah dari Levante 1-2 pada legpertama Copa del Rey, Jumat (11/1).

Meski kekalahan itu disebabkan langkah berani Pelatih Barcelona Ernesto Valverde melakukan rotasi di semua lini, langkah itu juga bisa berdampak positif pada kebugaran pemainnya di Primera Liga. Sebenarnya Lionel Messi dkk bisa rileks melawan Eibar.

Setidaknya dari delapan pertemuan dengan Eibar di Primera Liga, Barcelona selalu meraih kemenangan di kandang ataupun tandang. Catatan itu sekaligus menjadikan Eibar satusatunya tim di Primera Liga yang belum pernah menang dari Barcelona.

Hebatnya lagi, Messi dkk selalu mencetak gol lebih dari dua di setiap pertarungannya. Sampai saat ini Barcelona sudah mengumpulkan 28 gol dan hanya kebobolan empat kali. Dalam laga kandangnya melawan Eibar di Primera Liga musim lalu, Barcelona menang telak 6-1.

Messi memborong empat gol, sedangkan Paulinho dan Denis Suarez menyumbang masing-masing satu gol untuk Barcelona. Satu-satunya gol Eibar dicetak Sergi Enrich. Meski memiliki rekor mengesankan dari Eibar, Valverde tetap akan menurunkan tim terkuatnya, termasuk trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele di lini depan.

Belakang Gerard Pique juga berpeluang tampil, demikian juga Ivan Rakitic di lini tengah. Ketiga pemain itu mendapatkan waktu istirahat yang lebih dibandingkan pemain lainnya setelah dirotasi saat timnya bertemu dengan Levante.

“Itu membantu kami mengevaluasi pemain di saat-saat sulit, seperti dalam pertandingan di Primera Liga. Saya tahu itu berisiko, tetapi saya harus mengambil risiko banyak kali ini,” kata Valverde, dilansir barcablaugranes.

Adapun rival abadi Barcelona, Real Madrid, justru berada dalam ancaman serius saat bertamu ke markas Real Betis di Estadio Benito Villamarin, dini hari nanti. Los Blancostentu membutuhkan kemenangan di laga ini.

Jika kalah, peluangnya untuk tetap bersaing dalam perebutan gelar juara Primer Liga bisa semakin sulit. Sampai jornada19 Primera Liga 2018/19, Madrid masih terdampar di posisi kelima dengan torehan 30 poin atau hanya terpaut empat poin dengan Betis di belakangnya.

Sementara itu, Barcelona masih kokoh di puncak dengan 40 angka. Pertandingan nanti tentu akan menjadi perhatian paling penting untuk tim tersebut. Madrid masih bermasalah dengan lini belakang.

Mereka tanpa kemenangan dalam dua laga terakhirnya di Primera Liga setelah imbang 2-2 dengan Villarreal, dan dipermalukan Real Sociedad 0-2 di Santiago Bernabeu. Namun, Madrid kembali mendapatkan kepercaya an diri usai menang 3-0 dari Leganes pada legpertama di babak 16 besar Copa del Rey.

“Kami memainkan permainan yang sangat bagus. Ada 24 pemain untuk dipilih dan hanya 11 yang bisa menjadi starter. Tugas saya adalah memilih pemain dan itu selalu bukan pekerjaan yang paling mudah,” tutur Solari.

raikhul amar