Edisi 13-01-2019
Macan Uji Pemain Anyar di Lampung


JAKARTA–Laga amal untuk korban tsunami di Lampung bakal dimanfaatkan Persija Jakarta untuk menguji kualitas sejumlah pemain yang baru bergabung.

Muka baru diharapkan mampu menunjukkan kuali tasnya dan beradaptasi dengan karakter permainan Macan Kemayoran. Persija Jakarta dijadwalkan menggelar laga amal di Stadion PKOR Way Halim Bandar Lampung, sore ini. Sebanyak 29 pemain diboyong ke Lampung, termasuk lima wajah baru yakni Bruno Matos, Jakhongir Abdumuminov, Ryuji Utomo, Heri Susanto, dan Resky Fandi.

Tidak hanya itu, Persija juga bakal memberikan kesempatan bagi pemain seleksi, yakni Akbar Zakaria, Fadil Redian, Indra Setiawan, dan Ikhsan Kurniawan, unjuk kemampuan dalam laga ini. Termasuk kemungkinan memberi kesempatan bagi penggawa Persija U-19 seperti Adhe Owen ataupun Mario Nur Cahyo.

Laga amal ini akan mempertemukan tim Ibu Kota dengan Lampung All pada babak pertama dan paruh kedua akan meladeni tim Pra- PON Lampung. Asisten pelatih Persija Mustaqim menyatakan, laga amal ini sangat penting bagi tim yang tengah dalam pembentukan, menyusul hengkangnya sejumlah pilar.

Menurut dia, pertandingan ini akan menjadi ajang untuk menilai perkembangan tim setelah menjalani latihan selama lima hari. Terutama persiapan pemain baru, seleksi, dan penggawa lama dalam menghadapi musim kompetisi 2019 yang cukup berat.

Musim ini, Persija memang akan tampil di tiga eventber beda. Paling dekat adalah babak 32 besar Piala Indonesia di mana Macan Kemayoranbakal meladeni tim Liga 3, Kepri Jaya FC. Setelah itu, Ismed Sofyan dkk akan melakoni kualifikasi pertama Liga Champions Asia saat tandang ke Stadion Jalan Besar Singapura melawan Home United, awal Februari.

Sementara untuk Liga 1 masih menunggu kepastian jadwal kompetisi dari operator PT Liga Indonesia Baru. Persija sendiri memikul beban berat lantaran berstatus juara bertahan. “Kami ingin melihat sejauh mana persiapan pemain, baik lama maupun yang baru.

Kalau yang lama sih di fisik ya, mereka kan habis libur, kalau dari-skill kita sudah tahu. Kalau yang baru kita akan lihat secara individu, apakah mereka bisa masuk skuad inti kami,” jelasnya. Sementara itu, wingerPer sija Riko Simanjuntak memas tikan dirinya tetap bugar ken dati men jalani libur kompetisi.

Dia bahkan terlambat berga bung ber sama tim dan baru terlibat da lam latihan pada Jumat (11/1). “Kemarin memang saya baru liburan juga ya, ini latihan perdana saya. Namun, masih ada teman-teman lama juga jadi tadi latihan juga belum berat, ma sih ringan untuk jaga kebugaran untuk persiapan laga amal di Lampung,” kata Riko Simanjuntak .

Dia mengaku, untuk menjaga kebugaran, selama liburan dirinya tetap latihan fisik sehingga tidak mengalami kendala dalam latihan. Terma suk meng ikuti program yang sebelumnya diberikan staf pela tih. “Kebetulan pas liburan ke marin Riko sempatkan juga la tihan dan jaga kondisi. Shar ingjuga sama dokter,” tambahnya.

abriandi