Edisi 13-01-2019
Layar TV yang Bisa Dibongkar Pasang


SAMSUNGElectronics memperkenalkan inovasi terbaru lewat teknologi layar modular m icro LED dalam acara tahunan First Look CES di Aria Resort & Casino, Las Vegas.

Desain teknologi revolusioner m icro LED terbaru yang ditampilkan di acara ini meliputi layar 75 inci baru, The Wall 219 inci, dan berbagai ukuran, bentuk, serta konfigurasi lain dari layar modular m icro LED masa depan–pemenang dari 2019 CES Best of Innovation Award .

“Samsung sudah jadi pemimpin dalam inovasi layar,” klaim Jonghee Han, Presiden of Visual Display Business, Samsung Electronics. “Teknologi m icro LED dapat dikustomisasi sehingga kemungkinan aplikasinya yang tak terbatas,” imbuhnya.

Teknologi tersebut hadir antara lain lewat layar micro LED 75 inci dan The Wall 219 inci. Teknologi self-emmisive dan kemampuan modular membuat layar Samsung m icro LED mampu menghadirkan kualitas gambar, fleksibilitas, dan desain yang berbeda.

Layar televisi transformatif tersebut terbuat dari modul-modul tunggal micro LED yang selfemmisive , dengan jutaan chip mikroskopik LED merah, hijau, biru inorganik yang menghasilkan cahaya sendiri.

Dengan begitu, gambarnya bisa sangat tajam. Di CES tahun lalu, Samsung memperkenalkan micro LED dengan meluncurkan The Wall, layar m icro LED 146 inci yang menuai penilaian positif dan penghargaan.

Tahun ini ada lebih banyak kemajuan teknis di teknologi tersebut. Terutama dalam proses pembungkusan semikonduktor ultra-fine pitch , yang berhasil memperkecil jarak di antara chip-chip LED yang mikroskopik.

Alhasil, Samsung mampu membuat layar m icro LED 4K dalam form factor 75 inci yang lebih kecil dan cocok untuk rumah. Sifat modular dari micro LED membuat Samsung lebih fleksibel dalam ukuran layar yang memungkinkan pengguna mengaturnya sesuai kebutuhan dalam ruangan apa pun.

Lewat tambahan modul m icro LED, pengguna dapat memperbesar layar ke ukuran apa pun yang mereka inginkan. Kemampuan modular dari micro LED memungkinkan pengguna di masa depan untuk membuat layar, bahkan dalam ukuran tidak lazim, seperti 9x3, 1x7 atau 5x1 yang cocok dengan kebutuhan spasial, estetika, dan fungsional mereka.

Teknologi Samsung m icro LED juga mengoptimalkan konten tanpa tergantung ukuran atau bentuk layar. Bahkan, ketika menambahkan modul baru, tampilan Samsung m icro LED dapat disesuaikan untuk meningkatkan resolusinya–semua sambil menjaga kepadatan piksel yang konstan.

danang arradian