Edisi 13-01-2019
Printer Kekinian untuk Cetak Stiker Kuku


SAYA tidak mengerti seberapa populer nail art dan stiker kuku di kalangan anak muda, khususnya milenial.

Jika mengetikkan kata kunci “stiker kuku” di Google , informasi yang didapat memang banyak sekali, mulai cara memasang, hingga memilih stiker kuku favorit. Nah yang dilakukan PT Datascript Indonesia sedikit unik, yakni memungkinkan para milenial untuk mencetak stiker kuku mereka sendiri.

Stiker yang berbeda dan mungkin paling mewakili kepribadian mereka. Stiker kuku, yang mungkin akan menunjang foto bertema #OOTD (outfit of the day ). Selain itu membuat mereka bisa mengkreasikan nail art sendiri di rumah jika tidak sempat ke salon. Printer itu namanya Pixma TS8270.

Milenial bisa mencetak menggunakan template gambar yang sudah ada di aplikasi Nail Sticker Creator di perangkat iOS (iPhone 6 ke atas) dan Android (dengan spesifikasi tertentu). Bahkan, bisa juga memakai kamera dari smartphone.

Hasil foto itu lantas dicetak menggunakan kertas dengan ukuran yang sangat mungil, yakni 3,5x3,5 inci. Bahkan, jauh lebih kecil dari kertas foto persegi ukuran 5x5 inci ala Instagram . Mencetaknya juga tidak ribet.

Bisa langsung dari smartphone menggunakan Wi-Fi. Tidak perlu terhubung ke komputer. Kalau memotretnya menggunakan kamera digital, bisa mula mencetak lewat slot kartu SD. Itu karena printer -nya sudah dilengkapi LCD layar sentuh 4,3 inci. Foto-foto bisa dipilih dan dicetak langsung dari printer.

Kalau mau lebih kreatif, bisa mengunduh aplikasi Message in Print . Aplikasi tersebut dapat memunculkan tampilan augmented reality pada foto yang dicetak dengan menyematkan pesan personal berupa animasi teks, musik, atau video. Ada juga aplikasi Easy-PhotoPrint Editor .

Penggunanya bisa memilih ratusan template menarik seperti kalender, kolase, poster, label CD, hingga ornamen scrapbook. Pixma TS8270 bisa jadi jawaban untuk mengenalkan milenial yang sangat tech savvy terhadap kegiatan mencetak.

Sebab, kegiatan tersebut tidak hanya dapat dilakukan dengan sangat menyenangkan, juga mudah, serta relevan atau terhubung langsung dengan kegiatan mereka sehari-hari.

Kunci bagi Pixma TS8270 untuk bisa mencetak dengan sangat baik di kertas yang mungil adalah inovasi sistem hybrid ink yang memadukan 6 tinta tunggal, dengan tambahan tinta photo blue , selain cyan, yellow, magenta, black dan pigment black untuk menghasilkan kualitas warna foto yang hidup dan tajam.

Soal desain, Canon juga tidak main-main. “Pengguna bisa memilih tiga warna, yakni merah, putih, dan hitam. Sehingga printer ini bisa jadi penghias interior di sudut rumah,” kata Monica Aryasetiawan, Senior Division Manager Canon Consumer System Product Div PT Datascrip.

“Kegiatan mencetak tak lagi membosankan. Tapi kini menjadi sangat seru dengan nail sticker printing . Canon TS8270 merupakan printer pertama di Indonesia yang mengusung fitur unik ini,” beber Monica.

Pixma TS8270 dijual dengan harga Rp4.075.500, bisa dibeli di berbagai toko online seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, dan Ralali. Untuk kertas 3.5”x3.5”, harganya Rp93.500, sementara Nail Sticker NL-101 ditebus dengan Rp220.000.

danang arradian