Edisi 04-02-2019
We The Youth Ajak Anak Muda Jangan Golput


WE THE YOUTH, sebuah komunitas muda, menggagas kampanye untuk membangkitkan kepedulian terhadap masa depan bangsa bertajuk “100%IN (SERATUS PERSEN INDONESIA NYOBLOS)”.

Kampanye ini bertujuan mendorong pemilih muda Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019, 17 April mendatang. “Melalui kampanye 100%IN, diharapkan Pemilihan 17 April 2019 dapat menjadi sebuah tren di kalangan anak muda dan mereka merasa menjadi bagian dari acara tersebut. Dengan begitu, anak muda akhirnya memutuskan untuk memilih orang yang dapat mewakili/mengakomodasi kepentingan anak muda di pemerintahan. We The Youth juga ingin mengajak anak muda untuk berhenti menjadi golput. Sebab, suara kita itu penting untuk menentukan masa depan Indonesia,” kata Widy, Executive Director We The Youth.

Citra Scholastika menambahkan, “Saya sadar bahwa satu suara yang kita berikan sebagai pemilih itu sama kuat dan pengaruhnya dengan jutaan lainnya. Apalagi kita yang muda, yang menentukan ke mana arah negara nanti. Maka dari itu, saya juga ingin supaya temanteman muda lain ikut berkontribusi membangun negeri dengan memilih pemimpin selanjutnya.”

“Menurut data DPT Pemilu 2019 dari KPU, ada sekitar 17.501.278 pemilih muda berusia < 20 tahun dan 42.843.792 pemilih berumur 21- 30 tahun yang suaranya akan diperebutkan pada Pemilu 2019. Cukup besar untuk memberikan kontribusi bagi bangsa ini. Namun, untuk mengajak anak muda untuk ikut berkontribusi dalam pemilu dibutuhkan pendekatan yang dapat mendorong kreativitas mereka karena isu politik dan pemilu dianggap bahasan yang sangat serius dan berat bagi anak muda. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi We The Youth atas ide dan inisiasi kampanye 100% Indonesia Nyoblos yang ditujukan untuk anak-anak muda di Indonesia. Melalui rangkaian acara yang diselenggarakan seperti Pesta Demokreasi, saya harap mampu memecut anak muda Indonesia untuk aktif, ikut nyoblos, dan tidak golput pada Pemilu 2019 ini,” kata Ferry Kurnia Rizkiyansyah, peneliti senior Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) Kampanye 100%IN akan digaungkan dari bulan Januari hingga April di berbagai kota, di antaranya Bandung, Solo, dan Yogyakarta.

Serangkaian acara 100%IN di kota-kota adalah hasil kolaborasi dengan komunitas-komunitas lokal setempat misalnya BBQ Ride yang diselenggarakan oleh Picker Store, sebuah komunitas motor Bandung, konser musik gabungan di Yogyakarta oleh Gayam 16 dan juga acara musik metal di Solo yang diorganisir oleh Down For Life serta Muara Management.

Akan diselenggarakan pula “Pesta Demokreasi” pada 6 April 2019. Acara ini merupakan bentuk ekspresi nyata melalui karya dan kolaborasi muda Indonesia untuk menyuarakan pilihan dan berpartisipasi dalam memperjuangkan demokrasi. Puncak kampanye 100%IN sendiri akan berakhir tepat saat penyelenggaraan Pemilu 2019, yaitu pada 17 April 2019.

Wahyu sibarani