Edisi 04-02-2019
Sereal, Alternatif Sarapan Sehat


KESADARAN masyarakat untuk memulai hari dengan sarapan semakin tinggi. Meski begitu, data Study on Nutrition, Health, and Wellness pada 2016 menemukan bahwa 76% masyarakat Indonesia sarapan tetapi nutrisinya tidak terpenuhi sesuai golden standard breakfast.

“Faktanya, 51% orang Indonesia sadar bahwa sarapan adalah waktu makanan terpenting dalam sehari, sayangnya belum memenuhi golden standard breakfast,” kata Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia Windy Cahyaning Wulan. Bahkan, hanya 10,6% anak Indonesia yang sarapannya sehat dan seimbang. Adapun 26% anak hanya mengonsumsi minuman pada waktu sarapan. Sarapan sehat yang didasarkan pada golden standard breakfast menurut Pergizi Pangan Indonesia dilakukan sebelum jam sembilan pagi, terdiri dari makan dan minum.

Selain itu, saat sarapan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral secara seimbang ditambah dengan lemak baik. Ahli Gizi dr Rita Ramayulis DCN MKes mengatakan, sarapan yang sehat diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi pada tubuh. Pasalnya, pada malam hari saat tertidur, tubuh tidak mendapatkan pasokan energi, padahal proses pembakaran dari metabolisme tubuh terus terjadi.

“Karena itu jangan sampai melewatkan sarapan karena tubuh membutuhkan pasokan energi pada pagi hari minimal 25% dari energi total harian agar dapat menjalankan aktivitas dari pagi hingga siang hari,” tutur Rita dalam acara “Nestum 101 Healthy Bowls: Awali Hari Dengan Semangkuk Sarapan Sehat, Lezat, dan Praktis” yang diadakan Nestle Nestum. Karenanya, lanjut Rita, pilihlah sarapan dengan bijak, misalnya berupa makanan yang mengandung multigrain , serat pangan, vitamin, dan mineral. Sereal bisa jadi alternatif sarapan sehat. Chef Steby Rafael menerangkan pada kesempatan itu, sereal Nestle Nestum bisa disajikan baik asin maupun manis. Ia mencontohkan resep Nestle Nestum bubur ayam kari.

“Menggunakan Nestum original yang dikentalkan dengan kuah kari dan ditambah topping daging ayam dan telur rebus,” ujarnya. Atau bisa juga disajikan dengan ayam jamur. “Bubur Nestum dibuatnya dengan rebusan ayam, cream , dan jamur dengan cita rasa gurih dan creamy ,” bebernya. Untuk sajian manis, Nestum bisa dibuat menjadi panekuk, lapis (parfait ), atau bahkan es buah.

“Sejak tahun lalu Nestle Nestum bubur sereal sarapan dengan g rainsmarta hadir di Indonesia untuk mendukung komitmen Nestle dalam meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat,” papar Windy.

Sri noviarni