Edisi 04-02-2019
Setiap Orang Bisa Triathlon


KOMUNITASTriathlon Buddies merayakan ulang tahun ke-7 mereka dengan menggelar event nonkompetisi triathlon bertajuk 7th Anniversary Triathlon Buddies 2019 di Gelora Bung Karno pada 26 Januari.

Ini bukti siapa saja bisa mencoba olahraga triathlon. Apa yang Anda bayangkan tentang olahraga triathlon ? Anda mungkin berpikir sangat berat karena olahraga ini mewajibkan untuk tidak sekadar berlari, juga berenang dan bersepeda dalam waktu bersamaan dan jarak yang panjang. Namun, siapa sangka ternyata masih banyak orang yang menyukai triathlon . Hal ini dirasakan Chaidir Akbar, President Triathlon Buddies, saat menggelar konferensi pers 7th Anniversary Triathlon Buddies 2019 .

“Melihat semakin berkembang, dan semakin diterimanya olahraga triathlon di Indonesia, kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung olahraga ini. Dengan tagline kami bahwa setiap orang bisa melakukan triathlon , kami menyasar pencinta olahraga yang belum pernah mencoba tapi cukup familier dengan olahraga endurance (lari/renang/sepeda) namun belum pernah melakukan ketiga olahraga tersebut dalam satu lomba,” tutur Chaidir Akbar. Dia mengatakan komunitas Triathlon Buddies memang memiliki visi utama untuk memopulerkan olahraga triathlon di Indonesia. Inilah mengapa mereka selalu mempertahankan tradisi perayaan ulang tahun komunitas dengan menggelar lomba triathlon .

Tahun ini acara tersebut diadakan di Aquatic Center Gelora Bung Karno pada 26 Januari 2019 setelah sebelumnya diadakan di The Spring Club, Summarecon Serpong. Berpindahnya tempat penyelenggaraan ini bukan tanpa sebab. Triathlon Buddies ingin mendekatkan olahraga triathlon ini ke pusat kota Jakarta, untuk lebih mudah diikuti seluruh kalangan pencinta olahraga dengan memanfaatkan fasilitas triathlon yang pemerintah bangun untuk Asian Games tahun lalu. Anniversary Triathlon Buddies yang merupakan acara tahunan dari komunitas t riathlon terbesar di Indonesia ini sudah mulai diadakan pada tahun 2012. Namun saat itu peserta masih terbatas untuk anggota komunitas.

Pada tahun berikutnya, jumlah peserta bertambah banyak. Lantaran setiap peserta selalu menularkan virus triathlon kepada teman-temannya. Akhirnya perayaan ulang tahun kedua digelar lomba triathlon untuk umum. “(Triathlon ) adiktif karena olahraganya menantang,” ujar Rihandanu Rachman, Sekretaris Triathlon Buddies. Triathlon menurut Chaidir memang bisa dilakukan siapa saja. Jangan berpikir olahraga ini adalah olahraga yang butuh biaya besar. “Triathlon bisa dimulai dengan apa yang kita punya,” kata Chaidir Aknar.

Dia mencontohkan, bila hanya memiliki sepeda lipat, gunakan saja untuk berlatih. Tujuan dari triatlon adalah mencapai garis finis dan sesuai dengan batas waktu. “Jangan bergantung pada alat,” ujarnya. Untuk mengikuti olahraga ekstrem ini, Anda harus rajin bertanya kepada yang sudah berpengalaman untuk menekan risiko. Dengan bertanya, kita juga akan belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain. Triat h lon membutuhkan kedisiplinan tinggi, latihan harus tepat, tidak boleh berlebih atau kurang. Dia mencontohkan bila tidak serius dalam berlatih renang, maka akan berisiko tenggelam di laut dan berujung kematian.

Begitu juga dengan bersepeda, jika tak bisa mengendalikan dalam kecepatan tinggi, maka berisiko kecelakaan. “Kalau lari dengan cara enggak aman, heart rate tak dijaga, bisa kolaps juga. Jadi, olahraganya saya bilang bisa enjoyable (kalau benar), bisa worst (buruk) kalau tak paham,” katanya.

Wahyu sibarani