Edisi 11-02-2019
Bantuan Sosial Gerakkan Ekonomi Warga


JAKARTA - Pemberian bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) di seluruh Indonesia membawa dampak positif bagi perkembangan perekonomian warga.

Seperti di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku yang telah berhasil mendirikan kelom pok-ke lom pok usaha. Kelompok ini mampu mem buat dan me masarkan ma kanan olahan dari bahan dasar ikan seperti nuget ikan, tahu ikan, bakso ikan. Hal ini terungkap saat Men - teri Perindustrian (Menperin) Erlangga Hartarto me nye rah - kan secara simbolis PKH dan BPNT kepada 1.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Teluk Ambon di Aula Universitas Pattimura, Ko ta Ambon, Sabtu (9/2).

Saat tiba di lokasi acara, Menperin bersama rom bongan disambut ibu-ibu yang memamerkan aneka ragam dagangannya. Di antaranya rujak buah, es buah, aneka makanan olahan dari ikan, kue dan bolu dari bahan dasar buah sukun, dan bermacam-macam bunga dari sabut kelapa. Erlangga sempat menanyakan kepada beberapa ibu yang me nun juk - kan produk olahan ikan. “Ini apa bu? Berapa harganya? Se - hari bisa produksi berapa banyak?,” tuturnya dalam siaran pers kemarin. Dia menjelaskan keha di - ran nya mewakili Pre siden Jo - ko Widodo (Jokowi) untuk me - mantau langsung pelaksanaan pro gram pe me rintah di lapa - ngan dan sejauh mana pro - gram ter sebut mem beri man - faat bagi rakyat.

Pendamping PKH di Ke ca - matan Nusaniwe, Kota Ambon Ana Luturmas mengaku me - ngelola beberapa kelompok, di mana setiap kelompok ber - anggotakan 10-15 orang. Mo - dal usaha didapat dari swadaya ibu-ibu dengan cara menabung per bulan minimal Rp5.000. “Uangnya ditabung dan se - telah enam bulan dibuka untuk modal usaha,” terangnya. Dia mencontohkan pada Januari-April hasil tangkapan ikan melimpah sehingga bisa diolah menjadi nuget dan bakso. Semuanya disimpan di freezer sehingga tahan lama. Direktur Jenderal Perlin - dungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemen - sos) Harry Hikmat mengakui bahwa pendamping PKH sa - ngat berperan dalam men - dorong kemandirian KPM.

Mereka menjadi ujung tombak agar penerima bantuan tepat sasaran dan memastikan ban - tuan diterima oleh masyarakat yang membutuhkan. Bansos PKH dan BPNT tahap pertama yang di sa lurkan untuk Provinsi Maluku se - besar Rp207,8 miliar. Sedang - kan PKH dan BPNT tahap pertama 2019 untuk Kota Am - bon sebanyak Rp16 miliar.

Binti mufarida