Edisi 11-02-2019
BEI Permudah Syarat Pencatatan Saham


Agar lebih banyak perusahaan menawar kan sahamnya di pasar modal Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengubah ketentuan yang mengatur pencatatan saham sebagaimana tertuang pada Perubahan Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang diterbitkan Perusahaan Tercatat (Kep Direktur PT BEI Nomor: Kep- 00183/BEI/12-2018 tanggal 27 Desember 2018).

Ada lima hal yang me la tarbelakangi konsep perubahan per aturan ini, yakni pertama, un tuk mengakomodasi ke bu - tuh an pelaku pasar akan pen dana an dari pasar modal dengan memberikan alternatif syarat Pen catatan Saham dan Efek Ber sifat Ekuitas Selain Saham. Ke dua, sebagaipenyesuaianpro - sedur Pencatatan Saham de ngan Peraturan OJK Nomor 7/POJK. 03/2017 tentang Do ku men Per - nyataan Pendaftar an Dalam Rang ka Penawaran Umum Efek Bers ifat Ekuitas, Efek Bersifat Utang, dan/atau Sukuk. Ketiga, penyederhanaan do - kumendari40dokumenmen jadi 12dokumen.

Keempat, meng ha - pus permintaan do kumen hard - copy sesuai dengan ren cana in tegrasi proses per mohonan Pencatat an dan Pe na waran Umum me - lalui Sistem Per izinan dan Re gis - trasi Ter inte grasi (SPRINT) OJK. Kelima, meng akomodasi pem - be ri an no tasi khusus pada kode Per usahaan Tercatat untuk mening katkan perlindungan kepada investor. Dalam mempermudah per - syaratan, mempercepat pro - ses perizinan, dan mening kat - kan proteksi investor, BEI me - ner bitkan perubahan Per - atur an Nomor I-A tentang Pen ca tat an Saham dan Efek Bersifat Ekui tas Selain Saham yang di ter bit kan Perusahaan Ter ca tat (Per aturan Nomor IA) di ber la ku kan pada 27 De - sember 2018.

Ke mudahan persyaratan yang di berikan BEI, antara lain meng akomodasi alternatif persyaratan Aset Berwujud Bersih (Net Tangible Assets) di Papan Pe ngembangan berupa laba usa ha dan kapitalisasi pasar atau pen dapatan usaha dan ka - pi talisasi pasar. Alternatif ter - se but juga mendukung pen ca - tat an saham perusahaan yang me miliki ka rak teristik ter - tentu an ta ra lain industri kreatif dan start-up. Melalui perubahan Per aturan Nomor I-A, BEI tidak meng - atur nilai nominal saham namun mengaturhargasahampa dasaat pen catatan perdana minimal se - be sar Rp100.

Selain itu, BEI juga meningkatkan kemudahan perizinan melalui penyederhanaan persyaratan dokumen penca tatan dan pe nyampaian dokumen softcopy secara terintegrasi an ta - ra BEI dengan Otoritas Jasa Ke - uangan (OJK). BEI juga berupaya me ning - kat kan perlindungan investor me lalui pemberian Notasi Khu - sus pada kode saham yang akan disebarkan melalui situs BEI, data efek, dan remote trading. Ra - gam Notasi Khusus men cer - min kan status Perusahaan Ter - catat bersangkutan yang ber hu - bu ngan dengan performa ke - uang an, informasi material, dan compliance- nya.

Hara pannya, Notasi Khusus bisa men - jadi indikator awal bagi investor dalam mengambil keputusan in vestasi di pasar modal In do - nesia. Selengkapnya, per ubahan tersebut bisa dilihat pada laman Peraturan Nomor I-A di situs Bursa. Selain Perubahan Peraturan Nomor I-A, BEI saat ini juga se - dang menyiapkan aturan ter - kait papan akselerasi, yakni satu papan khusus bagi emiten de - ngan aset skala kecil atau emi - ten dengan aset skala Me nengah. Papan akselerasi diha rap - kan dapat mengakomodasi le - bih banyak perusahaan untuk me lantai di BEI.

*Kerja Sama Redaksi KORAN SINDO dan Bursa Efek Indonesia