Edisi 11-02-2019
Ambisi Juara


MADRID– Santiago Solari menyebut Real Madrid masih punya peluang besar menjuarai Primera Liga musim ini. Kemenangan meyakinkan saat El Derbi Madrileno membuktikan Los Blancos tidak bisa dihilangkan dari persaingan.

Akibat inkonsistensi yang melanda saat paruh pertama musim, khususnya ketika masih diasuh Julen Lopetegui, membuat kans Madrid merajai Spanyol dianggap sudah punah. Maklum, mereka terus terlempar dari empat besar selama beberapa pekan. Tapi, kehadiran Solari mengubah segalanya. Walau tidak langsung pulih 100%, performa Madrid membaik, terutama setelah pergantian tahun. Fak tanya, Luka Modric dkk kini berhasil memetik lima keme nangan beruntun di Liga Primer. Tumbal terbaru Madrid adalah Atletico Madrid yang dipermalukan 3-1 saat tampil di Estadio Wanda Metropolitano, Sabtu (9/2).

Gol Casemiro (16), Sergio Ramos (42), dan Gareth Bale (74) yang hanya dibalas Antoine Griezmann (25) menghidupkan lagi peluang untuk merusak dominasi Barcelona. Sukses mengumpulkan 15 poin dari lima laga terbaru memungkinkan Madrid naik menjadi runner-upsementara dengan 45 poin. Mereka kini hanya tertinggal lima poin dari Barcelona, walau selisihnya mungkin akan melebar lagi tergantung hasil semalam. “Madrid akan terus memperjuangkan segalanya hingga titik darah penghabisan. Ini belum berakhir. Sekarang, kami berada di urutan kedua. Tapi, kami harus terus melangkah maju. Saya tahu Atletico juga akan terus menekan,” ucap Solari, dilansir Skysport.

Keberhasilan meraih poin penuh sekaligus menyudahi catatan minim Madrid ketika jumpa Atletico selama dua musim belakangan. Ini menjadi kemenangan pertama mereka setelah pada lima pertemuan sebelumnya di semua kompetisi dipaksa menelan tiga imbang dan dua kalah. Jika dirunut lebih jauh, Madrid juga sudah melewati tujuh pertandingan di semua ajang tanpa kekalahan, yakni enam menang dan satu imbang. Wajar jika klub yang sudah berusia 116 tahun itu kini semakin percaya diri dapat menguasai Negeri Matador untuk pertama kalinya lagi sejak 2016/2017.

“Para pemain begitu berkomitmen pada seragam yang mereka kenakan. Mereka ingin memenangkan semua pertandingan dan itu sudah dibuktikan. Ini kemenangan tim. Kami tampil cukup bagus di semua aspek,” ucap Solari. Optimisme Madrid bukan hanya di kompetisi domestik, juga di Liga Champions. Mereka sekarang semakin percaya bisa menjaga singgasana Eropa untuk keempat kali secara beruntun. Agar misi itu terwujud, Madrid bertekad mengamankan dulu tiket ke perempat final. Kemenangan atas Atletico bisa digunakan Madrid sebagai modal untuk meladeni Ajax Amsterdam saat legpertama babak 16 besar di Amsterdam Arena, Kamis (14/2).

Apa lagi dengan daya serang dan produktivitas yang kian meningkat. Terlepas hasil imbang 1-1 saat bentrok Barcelona di Copa del Rey, Madrid rata-rata bisa mengemas dua gol ke atas dalam satu laga ketika mencatat enam kemenangan dari tujuh partai terbaru. Bila ditotal, jumlahnya 19 gol, itu belum termasuk saat El Clasico. Walau Karim Benzema saat jumpa Atletico gagal mencetak gol, Madrid masih bisa mengandalkannya di lini depan. Faktanya, penyerang asal Prancis itu sudah tiga kali merobek gawang lawan dari tiga penampilan terbaru.

Begitu juga dengan Bale. Setelah dihantam cedera hamstring cukup lama, gelandang asal Wales itu mampu mencetak dua gol dari tiga laga terkini, yakni kontra Espanyol dan Atletico. Hanya saat meladeni Deportivo Alaves namanya tidak tercantum di papan skor. Madrid juga sekarang punya spesialis penendang penalti dalam diri Ramos. Faktanya, bek asal Spanyol itu sudah mendulang total 11 gol pada musim ini, delapan di antaranya dari titik putih. Selama menjadi algojo, dia tidak pernah gagal menjalankan tugasnya.

M mirza








Berita Lainnya...