Edisi 11-02-2019
Nostalgia dan Tangis Perpisahan di Love Festival


AJANG musik tahunan Love Festival Vol 3 menjadi momen istimewa dan emosional bagi sejumlah band papan atas Indonesia yang tampil. Mulai Armand Maulana yang bernostalgia hingga Giring Nidji dan Yovie Widianto yang mengucap salam perpisahan.

Momen Nidji tampil bisa jadi adalah saat paling emosional di panggung. Setelah tidak manggung bersama selama 400 hari dengan personel Nidji lainnya, sang vokalis Giring kembali hadir menghibur penonton dalam festival yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (8/2) malam, tersebut. Menjadi band penutup malam itu, konser Nidji bertema Hello x Goodbye ini memang didedikasikan untuk Giring. Nidji ingin Giring bersenang-senang di panggung lantaran selepas ini pria berusia 35 tahun itu akan fokus ke dunia politik. Malam itu sekaligus menjadi ajang serah terima posisi vokalis dari Giring kepada Mohammad Yusuf Ubay.

Keduanya bahkan sempat satu panggung; Giring mengiringi Ubay bernyanyi Manusia Sempurna dengan keyboardnya. Pada awal penampilan Nidji, sebuah video memperlihatkan band tersebut menyanyikan ulang lagu Mr Brightside milik The Killers yang bisa dimaknai sebagai lagu awal pertama Giring bersama Nidji. Selepas itu, Giring dan Nidji langsung tancap gas lewat lagu Hapus Aku hingga Child . Giring pun memuji para penonton yang dirasanya begitu fantastis. “Saya ingin melihat senyum indah kalian. Abis ini saya minta tolong, mungkin ini standar, tapi saya minta tolong karena 400 hari saya tidak manggung sekeren ini. Ini standar banget, tapi enggak tahu saya bisa manggung lagi. Kita buat lautan bintang,” teriak Giring dari panggung.

Momen emosional pun terjadi ketika Giring membawakan lagu Kau dan Aku . Dia tidak kuasa menahan air matanya saat memeluk satu per satu personel Nidji di panggung. “Sudah saatnya saya melambaikan tangan. Tapi saya janji suatu saat nanti saya akan reunian bareng Nidji. Terima kasih buat semuanya. Cinta mati buat kalian. Untuk semua Nidji Holic, terima kasih telah menyayangi,” ungkap Giring yang malam itu menyanyikan 13 lagu. Momen haru juga tercipta pada penampilan band Gigi yang membuka panggung Hope. Sang vokalis Armand Maulana menceritakan perjalanan Gigi sedari awal dengan iringan intro lagu Kuingin .

Narasi yang dibuat menggiring penggemarnya untuk berkilas balik ke era awal 1990-an. Tirai pun terbuka dan Gigi muncul dengan personel lama. Ada Armand, Dewa Budjana, Thomas, Baron, dan Ronald membawakan lagu Kuingin . Setiap pergantian lagu, Armand menceritakan apa yang terjadi dalam band tersebut. Pergantian personel dan kisah yang ada dalam Gigi diceritakannya. Lagu-lagu hit dibawakan dan Gigi sukses mengajak penonton sing a long . Di tengah penampilan, Armand bercanda kepada penonton yang dikiranya banyak generasi milenial yang datang.

“Kirain bakal ramai milenial di konser ini, ternyata seumuran gue semua yang datang,” ujarnya kepada penonton yang memadati panggung. Lagu Janji dan Nirwana menjadi pamungkas Gigi malam ini. Gelaran Love Festival juga terasa begitu emosional bagi Yovie Widianto, pendiri Yovie & Nuno. Dia memutuskan fokus dalam produksi dan menyerahkan posisi keyboardis kepada Ady Julian. Hal ini menjadi sebuah penegasan bahwa dia tidak keluar dari grup musik Yovie & Nuno seperti yang dikabarkan sebelumnya. Yovie mengatakan, dia hanya berpindah posisi dalam grup musik yang telah berdiri sejak 2001 tersebut.

“Saya tidak meninggalkan Yovie & Nuno, saya tidak pergi dari Yovie & Nuno, cuma lebih fokus dalam bentuk produksinya karena melihat kesibukan dan usia yang tidak bisa selalu ikut mendampingi mereka,” ujar Yovie. Yovie mengatakan tidak akan meminta namanya dihilangkan dari nama grup tersebut. Menurutnya, nama Yovie & Nuno merupakan sebuah label yang sudah terbentuk sejak lama, sekitar 18 tahun bermusik bersama.

Sebelumnya Kerispatih juga tampil menggandeng dua mantan personelnya, Sammy Simorangkir dan Badai. Selain itu, ada Elemen yang memberi kejutan dengan menghadirkan Raffi Ahmad sebagai penabuh drum. Acara yang dipromotori Berlian Entertainment, Hype Festival, dan Panorama Live ini mengundang Maliq And D’Essentials, Padi Reborn, Project Pop, dan Pure Saturday with Suar Nasution.

Thomasmanggalla